7 Manfaat Dahsyat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh Anda

   Musim hujan telah tiba, kitapun harus menyiapkan kondisi fisik agar tetap prima dan fit sepanjang hari. Ini dikarenakan, tak jarang kita masih ada dijalan raya saat hujan lebat dengan tubuh yang menggigil kedinginan. Malam haripun, udara terasa dingin menusuk ke seluruh sumsum tulang. Berbagai makanan dan minuman hangat, rasanya sangat cocok untuk dijadikan teman setia. Segelas jahe hangat tentunya sangat nikmat dan dapat menghangatkan tubuh. Namun, tak hanya menghangatkan tubuh, jahe ternyata memiliki manfaat dahsyat bagi kesehatan tubuh anda. Lalu, apa saja manfaat dahsyat jahe bagi kesehatan tubuh tersebut....???.

   Sahabat, tips kesehatan. Mendengar kata jahe tentunya sudah tidak asing di telinga semua orang. Jahe merupakan salah satu jenis rempah-rempahan yang tumbuh subur di Negara kita dan sering di dibudidayakan sebagai tanaman obat keluarga. Jahe memiliki ciri fisik yang mudah dikenali seperti bewarna coklat tua pada kulitnya dengan dagingnya yang bewarna kuning tua serta berbentuk ruas-ruas. Jahe dapat dijadikan minuman penghangat tubuh maupun ditambahkan ke aneka masakan anda. Menurut berbagai penelitian yang sudah dilakukan, jahe ternyata bermanfaat besar untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Jahe juga dapat dijadikan sebagai obat alternatif alami dari berbagai gangguan kesehatan yang kita alami. Berikut ini manfaat dahsyat jahe bagi kesehatan tubuh anda : 
  1. Mencegah Kanker Secara Alami. Pertumbuhan sel-sel abnormal didalam tubuh yang tidak terkendali dapat menjadi awal timbulnya sel kanker. Kandungan gingerol dalam jahe sangat efektif untuk melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker seperti kanker (pankreas, payudara serta ovarium). 
  2. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat. Sebuah studi yang dilakukan selama 45 hari terhadap 85 orang dengan kolestero tinggi menunjukkan bahwa 3 gram bubuk jahe yang diberikan kepada partisipan setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida darah dalam tubuh secara signifikan. 
  3. Menurunkan Gula Darah Dalam Tubuh. Sifat anti-diabetes dalam jahe berperan untuk membantu menurunkan kadar gula darah secara drastis. Sebuah studi di 2015 kepada 41 partisipan penderita diabetes tipe 2, diberikan 2 gram bubuk jahe perhari mampu menurunkan kadar gula darah sebesar 12 persen. 
  4. Meningkatkan Kesehatan Organ Pencernaan. Jahe juga bermanfaat untuk kesehatan organ pencernaan serta mengobati berbagai masalah pencernaan yang akut. Ini dikarenakan, jahe dapat membantu mempercepat pengosongan lambung dan menghilangkan ketidaknyamana pada perut. 
  5. Meningkatkan Kesehatan Organ Otak. Kandungan antioksidan dan senyawa bioaktif dalam jahe dapat mencegah peradangan yang terjadi di organ otak. Peradangan dan stres oksidatif yang tidak tertangani dapat memicu penyakit Alzheimer dan penurunan fungsi kognitif terkait usia. 
  6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anda. Kandungan gingerol dalam jahe juga berperan sebagai antiinflamasi dan antioksidan kuat yang berperan untuk mencegah flu dan pilek plus berbagai penyakit ringan lainnya. 
  7. Mencegah Rasa Mual Pada Perut. Ekstrak jahe juga sangat efektif untuk meringankan rasa mual dan muntah pasca operasi serta pada pasien kanker yang menjani kemoterapi. 1- 1,5 gram jahe dapat membantu mencegah berbagai jenis rasa mual pada perut. 
Artikel Kesehatan Lainnya....
   Itulah beberapa manfaat dahsyat bagi kesehatan tubuh anda. Mulailah menjadikan jahe sebagai minuman penghangat tubuh maupun menambahkan ke berbagai masakan anda. Konsumsilah jahe secara wajar untuk mendapatkan berbagai manfaatnya. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk para pembaca semua. Akhir kata, salam hangat dari penulis. Sumber : healthline. Image courtesy of africa at FreeDigitalPhotos.net