7 Manfaat Tersembunyi Teh Bagi Kesehatan Tubuh Anda

  Secangkir teh hangat akan membuat tubuh terasa lebih hangat dimalam hari atau disaat cuaca dingin yang terasa menusuk kulit. Minum teh menjadi salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh semua lapisan masyarakat diseluruh dunia. Minum teh akan terasa lebih nikmat, jika ditemani cemilan sehat sambil bercengkrama dengan keluarga tercinta. Cara pembuatan minuman teh yang begitu mudah menjadi alasan kuat, minuman ini disukai semua orang. Namun tak hanya itu, minum teh secara rutin setiap hari dapat membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh anda. Berbagai penelitian telah mengungkap berbagai manfaat tersembunyi saat rutin minum teh. Lalu, apa saja manfaat tersembunyi teh bagi kesehatan tubuh tersebut....???.

   Sahabat, tips kesehatan. Teh sendiri memiliki berbagai jenisnya seperti teh putih, hijau, oolong maupun hitam. Termasuk jenis teh apakah yang anda minum hari ini...???. Perlu kita ketahui, China adalah sebuah negara yang sudah menjadikan teh sebagai minman favorit untuk berbagai momen biasa maupun penting. Selain dapat meningkatkan kesehatan kulit dan tingkatkan daya tahan tubuh, teh juga dapat menurunkan kolesterol jahat, anti peradangan, tingkatkan memori otak dan lain-lain. Untuk lebih mengetahu berbagai manfaat tersembunyi teh bagi kesehatan tubuh anda, berikut ulasan lengkapnya :
  1. Menurunkan Kolesterol Jahat. Menurut sebuah studi meta yang diterbitkan Juni 2011 di American Journal of Clinical Nutrition, teh hijau dapat membantu menurunkan kolesterol total serum dan kolesterol jahat (LDL).
  2. Mencegah Katarak Pada Mata. Menurut sebuah studi tahun 2001, Kandungan sumber antioksidan dalam teh juga dapat membantu mencegah kebutaan yang diakibatkan oleh katarak (kerutan lensa didalam organ mata).
  3. Mengurangi Kadar Kortisol Penyebab Stres. Sebuah studi tahun 2006 menyarankan untuk minum teh setiap hari selama kurang lebih enam minggu untuk menurunkan kadar kortisol yang menyebabkan tingkat stres semakin tinggi. Minum teh secara rutin juga mampu memperlambat proses penuaan pada kulit.
  4. Mencegah Berbagai Jenis Peradangan. Senyawa aktif yang terkandung dalam teh bermanfaat untuk membantu menurunkan tingkat peradangan pada tubuh dan efektif mencegah radang pada sendi, sindrom metabolik maupun depresi.
  5. Meningkatkan Kesehatan Otak. Kandungan kafein dan L-Theanine dalam teh bermanfaat besar untuk meningkatkan memori, fokus dan kosentrasi pada otak. Sehingga minum teh tentunya sangat dianjurkan bagi mereka yang ingin lebih fokus dan berkonsentrasi diberbagai situasi dan kondisi.
  6. Mencegah Bahaya Stroke. Menurut meta-studi tahun 2009, minum teh hijau atau hitam setidaknya tiga cangkir perhari dapat menurunkan resiko terkena stroke iskemik sebesar 21 persen. Stroke masih menjadi penyakit berbahaya diera milenia sekarang ini.
  7. Mengurangi Resiko Demensia. Sebuah studi tahun 2011 menemukan bahwa teh berperan nyata pada gelombang theta otak untuk meningkatkan daya ingat dan fokus anda. Sehingga teh tentunya sangat cocok dikonsumsi oleh semua orang khususnya dewasa dan lansia (lanjut usia).
   Itulah beberapa manfaat tersembunyi teh bagi kesehatan tubuh anda. Minumlah teh secara wajar setiap hari untuk mendapatkan berbagai khasiatnya bagi tubuh anda. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Akhir kata, salam hangat dari penulis. Sumber : mindbodygreen. Image courtesy of Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net