7 Keistimewaan Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh Anda

  "Lembut, merah menyala serta manis di lidah" merupakan beberapa karakterisitik yang dimiliki oleh buah pepaya yang sudah sangat kita kenal sebelumnya. Pepaya merupakan salah satu buah yang dapat dengan mudah kita temukan pada negara yang beriklim tropis khususnya Indonesia. Mengkonsumsi buah pepaya secara rutin sangatlah disarankan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Menurut berbagai penelitian yang sudah dilakukan, pepaya memiliki aneka keistimewaan untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Lalu, apa saja keistimewaan pepaya bagi kesehatan tubuh tersebut...???.

   Sahabat, tips kesehatan. Buah pepaya yang sudah kita selama ini sejatinya berasal dari negara Meksiko. Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangas, India merupakan negara penghasil buah pepaya terbanyak pada tahun 2013 yaitu lebih dari lima juta ton buah, Di Indonesia sendiri, buah ini mudah ditemukan di pasar modern dan tradisional serta banyak tumbuh dipekarangan rumah. Berbagai nutrisi dan vitamin dapat ditemukan dalam buah pepaya seperti sumber serat, protein, folat, vitamin A, magnesium, tembaga, asam pantotenat, vitamin B, beta-karoten, zeaxathin, vitamin E, kalsium, potasium, vitamin K serta likopen. Dari berbagai nutrisi dan vitamin yang tersebut diatas menjadikan pepaya memiliki berbagai keistimewan untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Berikut ini 7 keistimewaan pepaya bagi kesehatan tubuah anda :
  1. Mencegah Kanker Dengan Efektif. Kandungan beta-karoten dalam pepaya berperan nyata mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Cancer Epidemiology and Prevention Biomarkers, mengkonsumsi buah yang kaya beta-karoten (pepaya) dapat mencegah terkena kanker prostat bagi pria.
  2. Pencegahan Diabetes Yang Ampuh. Sumber serat dalam buah pepaya ikut berperan dalam menjaga kestabilan kadar gula dalam darah. Hal ini tentunya kabar baik bagi penderita diabetes tipe 1 dan mereka yang khawatir terhadap kandungan gula darah dalam tubuhnya.
  3. Organ Jantung Yang Lebih Sehat. Buah pepaya mengandung sumber serat, kalium dan vitamin yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung serta menangkal berbagai penyakit jantung. Oleh karena itulah, buah pepaya sangat baik untuk dijadikan salah satu menu harian anda.
  4. Mencegah Osteoporosis Lebih Dini. Kandungan vitamin K dalam buah pepaya bermanfaat untuk membantu meningkatkan penyerapan kalsium dan mempertahankannya dalam tubuh. Dengan kebutuhan kalsium yang tercukupi untuk tubuh akan memperkuat tulang tubuh anda.
  5. Mencegah Peradangan Kronis. Kandungan kolin yang ditemukan dalam buah pepaya bermanfaat untuk mengurangi berbagai peradangan dalam tubuh serta menutrisi organ otak, mempertahankan struktur membran sel, penyerapan lemak serta membantu transmisi impuls saraf.
  6. Mencegah Asma Secara Alami. Kandugan beta-karoten (antioksidan dalam pepaya) bermanfaat untuk menurunkan resiko terkena terkena asma. Berbagai buah ternyata mengandung sumber beta-karoten yaitu brokoli, melon, labu serta wortel.
  7. Menutrisi Kulit dan Rambut. Kandungan vitamin A dan C dalam pepaya bermanfaat untuk menjaga kelembaban rambut serta nutrisi semua jaringan tubuh dan kulit anda. Buah pepaya juga mengandung enzim proteolitik chymopapain dan papain yang dapat mempercepat penyembuhan luka sekaligus mencegah infeksi pada kulit yang terbakar.
Artikel Kesehatan Lainnya....
   Semoga tips kesehatan yang mengulas 7 keistimewan pepaya bagi kesehatan tubuh dapat bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Akhir kata, salam hangat dari penulis. Sumber : medicalnewstoday. Image courtesy of antpkr at FreeDigitalPhotos.net