6 Bahaya Menonton Televisi Terlalu Lama Bagi Kesehatan

      Semakin canggihnya zaman tidaklah serta merta menghilangkan peran televisi dalam kehidupan kita sehari-hari. Selalu saja ada waktu yang kita luangkan untuk duduk didepan televisi dan menonton atau menyaksikan acara yang kita favoritkan seperti siaran langsung olahraga, sinetron, film maupun acara masak-memasak dan lainnya. Terkadang, kita malah lupa telah duduk berjam-jam didepan televisi tersebut. Padahal, kebiasaan ini sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh anda. Lalu, apa saja bahya menonton televisi terlalu lama bagi kesehatan tubuh tersebut...???.

    Sahabat, tips kesehatan. Faktanya, hampir disemua jenjang umur dari yang anak-anak, remaja, dewasa, orang tua maupun lansia sangat menyukai menonton televisi. Mungkin ada kata mutiara yang dapat mewakilinya, "Hidup ini terasa hambar tanpa televisi". Mungkin agak berlebihan kata-katanya, tapi itulah faktanya. Melalui televisi kita dapat mengetahui berbagai informasi dari belahan dunia serta informasi terbaru yang sedang hangat diperbicangkan. Berbagai acara televisi tentu bukan penyebab masalah kesehatan pada tubuh anda. Dalam hal ini, usahakan jangan terlalu lama duduk didepan televisi. Berikut ini berbagai bahaya menonton televisi terlalu lama bagi kesehatan :
  1. Tingkatkna Resiko Penyakit Jantung. Melihat televisi terlalu lama (lebih dari 4 jam sehari_ dapat menyebabkan masalah dan penyakit pada organ jantung. Ini dikarenakan, saat seseorang menonton televisi, maka tubuhnya sedikit sekali bergerak dalam waktu yang relatif lama.
  2. Jam Tidur Malam Yang Tidak Teratur. Tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup setiap malamnya untuk mempertahankan kesehatan tubuh itu sendiri. Membiarkan mata melihat acara televisi hingga larut malam tentu akan berdampak pada menurunnya kualitas kesehatan tubuh dari hari ke hari.
  3. Memperbesar Resiko Terkena Diabetes. Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of American Medical Association pada tahun 2003, menghasilkan bahwa resiko penyakit diabetes akan meningkat mencapai 14 persen, saat seseorang menonton televisi selama dua jam dalam seharinya.
  4. Resiko Terkena Obesitas. Kegemukan atau obesitas pada tubuh tentu memicu munculnya berbagai masalah dan gangguan kesehatan serta penyakit. Kurang aktif bergerak serta mengemil berlebih saat menonton televisi menjadi faktor pemcu obesitas itu sendiri.
  5. Resiko Penyakit Asma Yang Meningkat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di inggris terhadap 3000 anak, mulai usia bayi sampai dengan usia 11 tahun menunjukkan bahwa anak-anak tersebut akan memiliki resiko menderita asma dua kali lipat saat melihat acara televisi selama dua jam atau lebih setiap hari.
  6. Turunkan Kesehatan Organ Penglihatan. Saat menonton acara favorit di televisi,  maka organ mata akan jarang berkedi dan selalu terfokus pada satu objek didepannya saja. Hal inilah yang akan membuat organ penglihatan (mata) akan menurun daya lihatnya dari waktu ke waktu.
Artikel Kesehatan Lainnya...