7 Manfaat Dahsyat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
    Tomat merupakan salah satu jenis buah-buahan yang dimasukkan dalam golongan sayur mayur. Warnanya yang khas dan unik menjadikan tomat sangatlah mudah dikenali oleh semua orang yang melihatnya. Tomat juga sangatlah mudah didapatkan dengan harga yang relatif ramah kantong. Tomat dapat dimakan secara langsung maupun ditambahkan kedalam aneka sayuran untuk menambah citarasa dalam masakan tersebut. Tomat juga menyimpan berbagai nutrisi dan vitamin yang bermanfaat dahsyat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh yang kita miliki. Lalu, apa saja manfaat dahsyat tomat bagi kesehatan tubuh tersebut....???.

    Sahabat, tips kesehatan. Tomat atau Solanum lycopersicum merupakan tanaman yang pertama kali tumbuh dikawasan Amerika Selatan. Seiring berjalannya waktu, tomat menyebar dan tumbuh di berbagai negara termasuk wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Rutin mengkonsumsi buah tomat ternyata dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit ringan dan mematikan yang dapat menyerang tubuh sewaktu-waktu. Mulai memasukkan buah tomat kedalam buah favorit yang harus dikonsumsi hari ini sangatlah dianjurkan. Untuk lebih menyakinkan anda tentang berbagai manfaat dahsyat tomat bagi kesehatan tubuh, berikut ini kami uraikan secara detailnya :
  1. Membantu Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Organ Jantung. Kandungan likopen dan beta-karoten dalam buah tomat bermanfaat untuk mencegah serangan jantung, stroke, menurunkan kadar kolesterol jahat, mencegah peradangan dan radikal bebas serta menurunkan resiko pembekuan pada darah.
  2. Mencegah Kanker Secara Lebih Alami. Kandungan likopen dan karotenoid dalam buah tomat bermanfaat untuk menghindarkan kita dari berbagai jenis kanker berbahaya seperti kanker prostat pada pria, paru-paru, perut dan kanker payudara pada wanita atau perempuan.
  3. Membantu Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Jaringan Kulit. Kandunga sumber likopen dalam tomat juga bermanfaat untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit serta melindungi kulit dari sengatan matahari yang mengandung sinar ultra violet yang membahayakan kulit anda.
  4. Mengontrol Tekanan Darah. Kandungan kalium dalam tomat bermanfaat untuk membantu melebarkan pembuluh darah pada arteri. Sehingga secara tidak langsung dapat membantu melancarkan sirkulasi darah yang mengalir keseluruh tubuh melalui arteri serta menurunkan resiko kematian dini.
  5. Pencegah Diabetes Yang Lebih Efektif. Kandungan sumber serat dalam tomat dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. The American Diabetes Association merekomendasikan untuk mulai  mengkonsumsi aneka makanan yang mengandung sumber serat termasuk tomat. Dalam hal ini, bagi pria sekitar 38 gram serat per hari dan 25 gram serat per hari bagi wanita.
  6. Menjaga Kesehatan Organ Penglihatan. Kandungan likopen, lutein, beta-karotein dan zeaxanthin dalam buah tomat bermanfaat untuk  melindungi organ mata yang diakibatkan oleh cahaya yang berlebihan, perkembangan katarak dan penurunan daya lihat terkait usia (degenerasi makula). Menurut AREDS (The Age-Related Eye Disease Study), mengkonsumsi buah tomat dapat menurunkan degerasi makula terkait usia neovaskular sebesar 35 persen.
  7. Mencegah Sembelit Dengan Mudah. Kandungan sumber serat dan air dalam tomat bermanfaat untuk membantu kinerja organ pencernaan lebih baik dan mencegah gejala susah buang air besar pada pagi hari yang menimpa sebagian orang.
Artikel Kesehatan Lainnya....
    Tomat memang salah satu buah yang dapat membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh yang kita miliki. Mulailah mengkonsumsi tomat secara rutin dalam jumlah yang wajar dan dapatkan berbagai khasiatnya bagi tubuh anda. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Akhir kata, salam hangat dari penulis. Sumber : healthline, medicalnewstoday. Image courtesy of Suat Eman at FreeDigitalPhotos.net