Inilah 7 Khasiat Mengejutkan Bayam Bagi Tubuh Anda

   "Bayam" menjadi salah satu jenis sayur-mayur yang mudah dan praktis untuk dijadikan menu harian bagi setiap orang. Ini dikarenakan, bayam memiliki harga yang relatif murah dan dapat dibudidayakan sendiri dipekarangan rumah. Sayuran berdaun hijau ini mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh semua organ ditubuh agar dapat berfungsi dengan optimal. Namun, karena ketidaktahuan akan berbagai khasiatnya, membuat bayam sering tergantikan dalam menu harian anda. Ada berbagai khasiat mengejutkan bayam bagi kesehatan tubuh anda. Lalu, apa saja manfaat mengejutkan bayam bagi tubuh tersebut...???.

   Sahabat, tips kesehatan. Bayam mudah dikenali dari ciri fisiknya yaitu memiliki warna hijau tua pada daunnya yang melebar serta berbatang pendek dan lentur. Soal nutrisi yang dikandungnya, bayam tergolong padat nutrisi seperti protein, kalsium, zat besi, magnesium, potasium, vitamin A, folat, vitamn K, serat, fosfor, dan tiamin. Mengenai manfaatnya, bayam terbutk mampu mencegah kanker, mencegah asma, turunkan kadar glukosa dalam darah serta menurunkan tekanan darah tingi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini 7 khasiat mengejutkan bayam bagi tubuh anda : 
  1. Mencegah Kanker Yang Ampuh. Kandungan klorofil dalam bayam terbukti efektif dalam mencegah pertumuhan kanker  dan menghalangi efek karsinogenik amina heterosiklik dari efek memanggang makanan pada suhu yang tinggi. 
  2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi. Kandungan kalium dalam bayam terbukti efektif untuk membantu mengurangi efek natrium yang terkonsentrasi dalam tubuh. Sehingga dengan jumlah natrium yang stabil juga dapat meningkatkan kesehatan jantung anda.
  3. Nutrisi Untuk Tulang Pada Tubuh. Kandungan vitamin K dalam bayam berperan nyata dalam meningkatkan penyerapan kalsium serta dapat mengurangi jumlah kalsium yang meninggalkan tubuh melalui urin yang pada akhirnya mencegah pengeroposan pada tulang.
  4. Mencegah Asma Yang Menyerang. Kandungan beta-karoten dalam bayam berperan untuk menurunkan gejala asma dengan baik (menurut sebuah studi terhadap 433 anak-anak dengan asma antara usia 6 dan 18 tahun).
  5. Mengontrol Kadar Gula Darah. Kandungan sumber antioksidan yang bernama asam alfa-lipoik dalam bayam berperan untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah, meingkatkan sensitivitas insulin serta mencegah perubahan oksidatif yang diakibatkan stres pada penderita diabetes.
  6. Sehatkan Organ Pencernaan. Kandungan sumber serat serta air dalam bayam bermanfaat untuk mencegah susah buang air besar (sembelit) dan membuat saluran pencernaan terjaga kesehatannya setiap waktu.
  7. Nutrisi Untuk Kulit dan Rambut. Kandungan sumber vitamin A, C serta zat besi dalam bayam berperan untuk melembabkan kulit dan rambut, menyediakan struktur untuk kulit dan rambut serta mencegah kerontokan rambut yang tidak disadari.
Artikel Kesehatan Lainnya...