7 Manfaat Menakjubkan Semangka Bagi Tubuh Anda

     "Manfaat Menakjubkan Semangka", Semangka merupakan salah satu jenis buah-buahan yang mengandung banyak air. Buah ini memiliki ciri fisik yang khas yaitu daging buahnya yang bewarna merah dengan kulit buah yang bewarna hijau tua. Tak hanya sebagai penghilang dahaga saat cuaca sangat terik, semangka juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh anda. Lalu, apa saja manfaat menakjubkan semangka bagi kesehatan tubuh tersebut...???.

   Sahabat, tips kesehatan. Buah semangka memiliki berbagai kandungan nutrisi yang dibutuhkan olleh tubuh seperti vitamin, mineral, kalium, betakaroten serta serat. Berbagai nutrisi tersebut berperan besar dalam membantu menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh sepanjang hari. Untuk itulah, sangatlah dianjurkan untuk mulai mengkonsumsi semangka sebagai cemilan setiap hari. Berikut ini 7 manfaat menakjubkan semangka bagi kesehatan tubuh anda : 
  1. Menyehatkan Organ Jantung. Semangka mengandung sumber likopen yang beperan besar dalam menjaga kesehatan organ jantung. Jadi, mulailah mengkonsumsi buah semangka untuk kesehatan organ jantung anda.
  2. Menyehatkan Organ Mata. Semangka juga memiliki kandungan betakaroten yang akan diubah didalam tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A merupakan vitamin utama yang dapat menutrisi dan meningkatkan kesehatan organ mata.
  3. Menutrisi Tulang dan Sendi. Semangka juga mengandung sumber kalium. Kalium pada semangka berperan mempertahankan kalsium didalam tubuh. Sehingga sendi dan tulang akan lebih sehat dan kuat sepanjang usia.
  4. Menyehatkan Organ Ginjal. Semangka yang memiliki kandungan air yang melimpah akan membantu meningkatkan aliran urine. Organ ginjal akan terjaga kesehatannya jjika aliran urine yang keluar sangat lancar dan tidak mengalami masalah berarti.
  5. Lindungi Tubuh Dari Radikal Bebas. Semangka mengandung senyawa karotenoid yang dapat menetralisir radikal bebas yang masuk ketubuh manusia seperti asap pabrik, asap kendaraan bermotor serta udara kotor yang tak sengaja terhirup oleh pernafasan.
  6. Tingkatkan Imunitas Tubuh. Semangka juga mengandung sumber vitamin C yang berperan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah jatuh sakit disaat cuaca tidak menentu.
  7. Jaga Tubuh Tetap Ideal. Semangka juga mengandung sumber citruline yang berperan mengurangi lemak berlebih yang berada didalam tubuh. Sehingga dapat menghindarkan seseorang dari kegemukan (obesitas).
Artikel Kesehatan Lainnya....
   Demikianlah tips kesehatan yang mengulas 7 manfaat menakjubkan semangka bagi kesehatan tubuh anda. Semoga lebih bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Sumber : livelovefruit. Image courtesy of Exsodus at FreeDigitalPhotos.net

Inilah 7 Manfaat Ajaib Apel Bagi Tubuh Anda

     "Manfaat Ajaib Apel Bagi Tubuh", apel merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sudah tidak asing di lidah masyarakat kita. Apel juga sangatlah efektif sebagai makanan pencuci mulut bagi sebagian kalangan orang. Buah ini sangatlah mudah dikenali dari ciri fisiknya yaitu hampir semua kulit buahnya bewarna merah dengan daging buahnya yang bewarna putih dan memiliki beberapa biji kecil didalamnya. Tak hanya manis tentunya, buah apel juga mengandung berbagai manfaat ajaib bagi kesehatan tubuh anda. Lalu, apa saja manfaat ajaib apel bagi kesehatan tubuh tersebut...???.

    Sahabat, tips kesehatan. Buah apel dapat dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan jus serta dapat ditambahkan di berbagai jenis masakan anda. Apel memiliki berbagai nutrisi dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti sumber serat, senyawa fenolik, kaya antioksidan, quercetin serta flavonoid. Berbagai kandungan itulah yang menjadikan apel layak dikonsumsi setiap harinya. Berikut ini 7 manfaat ajaib apel bagi kesehatan tubuh anda :
  1. Menyehatkan Organ Jantung. Kulit apel mengandung senyawa fenolik yang memiliki peran besar dalam meningkatkan kesehatan jantung anda. Maka sangat disarankan untuk tidak membuang kulit apel dan cucilah dengan air bersih sebelum memakannya.
  2. Mencegah Penyakit Diabetes. Kandungan serat larut dalam buah apel sangatlah efektif untuk menangkal datangnya penyakit diabetes. Bagi kalangan dewasa maupun lansia sangat dianjurkan mengkonsumsi apel untuk menghindarkan diri dari bahaya diabetes.
  3. Mencegah Kanker Yang Alami. Kandungan flavonoid pada buah apel juga terbukti sangat efektif untuk menangkal berbagai jenis kanker yang dapat menyerang dan mengancam keselamatan jiwa anda.
  4. Penglihatan Yang Lebih Jernih. Rutin mengkonsumsi buah apel dapat membantu menutrisi organ mata anda. Sehingga mampu mencegah munculnya berbagai jenis gangguan kesehatan pada organ mata seperti katarak dan lain-lainnya.
  5. Memperkuat Sistem Imun Tubuh. Kandugan antioksidan yang berjenis quercetin pada buah apel dapat membantu meningkatkan kesehatan tuubuh anda. Sehingga anda tidak mudah jatuh sakit atau terserang berbagai jenis penyakit musiman dan penyakit berbahaya lainnya.
  6. Mencegah Diare Serta Sembelit. Sumber serat pada buah apel juga sangat baik untuk menyehatkan organ pencernaan anda. Sehingga aneka jenis gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare dapat dicegah dengan mudah.
  7. Penjaga Berat Badan Tetap ideal. Dengan rutin menjadikan apel sebagai cemilan dapat membuat perut kenyang lebih lama. Dengan berat badan yang ideal dapat menghindarkan diri dari penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi.
Artikel Kesehatan Lainnya....

Inilah 7 Manfaat Tersembunyi Wortel Bagi Tubuh Anda

   "Manfaat Tersembunyi Wortel Bagi Tubuh", wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang sudah tidak asing bagi semua orang tak terkecuali para ibu rumah tangga. Wortel dapat dimakan secara langsung, dibuat jus maupun dibuat berbagai jenis sayuran yang menggoda selerah tentunya. Salah satu manfaat wortel yang utama yaitu menjaga dan meningkatkan kesehatan mata. Setelah dilakukan berbagai penelitian yang seksama, wortel ternyata memiliki berbagai manfaat yang tersembuyi lainnya. Lalu, apa saja manfaat tersembunyi wortel bagi kesehatan tubuh tersebut...???.

    Sahabat, tips kesehatan. Wortel memiliki ciri fisik yang mudah dikenali seperti bewarna orange (merah mudah) pada kulit dan daging buahnya dan berbentuk memanjang dan semakin mengecil di ujungnya. Wortel juga sangatlah mudah didapatkan baik itu di toko dekat rumah maupun dipasar tradisional dan modern. Mengkonsumsi wortel setiap hari sangatlah dianjurkan, karena wortel mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini 7 manfaat tersembunyi wortel bagi tubuh anda : 
  1. Menjaga Kesehatan Jantung. Kandungan betakaroten, alfa karoten serta lutein pada wortel dapat menutrisi organ jantung anda. Dengan rutin mengkonsumsi wortel, maka dapat menghindarkan dari berbagai penyakit jantung maupun serangan jantung.
  2. Mencegah Dari Bahaya Kanker. Kandungan falcarinol dan falcarindol pada wortel memiliki sifat antikanker. Sehingga mengkonsumsi wortel secara rutin dapat menghindarkan kita dari berbagai jenis kanker seperti kanker (payudara, paru-paru, serta usus besar).
  3. Menjaga Kesehatan Gigi Anda. Kandungan mineral tertentu pada wortel dapat mencegah dari kerusakan gigi yang diakibatkan oleh plak dan sisa makanan yang menyisip di sela-sela gigi anda.
  4. Mencegah Stroke Secara Lebih Dini. Mengkonsumsi wortel secara rutin mampu mencegah penyakit stroke yang mengancam keselamatan nyawa dalam waktu sekejap baik itu dikalangan dewasa maupun lansia.
  5. Menjaga Kesehatan Organ Mata. Kandungan betakaroten yang cukup tinggi pada wortel akan diubah oleh organ hati manjadi sumber vitamin A yang dapat menutrisi organ penglihatan anda.
  6. Pembersih Racun Pada Tubuh. Kandungan vitamin pada wortel sangat efektif untuk dapat membersihkan organ usus besar serta empedu dan lemak dalam organ hati dari berbagai zat berbahaya secara alami dan efektif.
  7. Tampil Lebih Awet Muda. Sumber betakaroten pada wortel mampu memperlambat proses penuaan sel didalam jaringan tubuh. Sehingga dapat membuat awet muda meskipu usia terus bertambah.
Artikel Kesehatan Lainnya.....
    Demikianlah tips kesehatan yang mengulas 7 manfaat tersembunyi wortel bagi kesehatan tubuh anda. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Sumber : care2. Image courtesy of James Barker at FreeDigitalPhotos.net

7 Manfaat Dahsyat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh Anda

    "Manfaat Dahsyat Tomat", tomat merupakan salah satu buah yang identik dengan warnanya yang merah menyala. Tak hanya dapat dimakan secara langsung maupun ditambahkan diberbagai jenis masakan, buah tomat juga mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan, tomat ternyata memiliki berbagai manfaat nyata bagi kesehatan tubuh anda. Lalu, apa saja manfaat dahsyat tomat bagi kesehatan tubuh tersebut...???.

    Sahabat, tips kesehatan. Oval, merah, berbiji merupakan beberapa ciri fisik yang dimiliki oleh buah tomat tersebut. Buah ini memiliki berbagai nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin A, C, K, Kalium, folat, thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor, termbaga serta rendah sodium, lemak jenuh, kalori maupun kolesterol. Mengkonsumsi tomat setiap hari sebagai salah satu cemilan yang menyehatkan tentulah sangat dianjurkan. Berikut ini 7 manfaat dahsyat tomat bagi kesehatan tubuh anda : 
  1. Pencegah Aneka Jenis Kanker. Buah tomat mengandung likopen yang sangat ampuh mencegah berbagai jenis kanker yang menyerang dan mengancam jiwa seperti kanker ( prostat, mulut dan tenggorokan, lambung, usus besar, ovarium).
  2. Mencegah Diabetes Yang Efektif. Kandungan kromium dalam buah tomat dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga kadar gula darah dalam tubuh lebih stabil dan tidak  membahayakan kesehatan tubuh anda.
  3. Sehatkan Sistem Pencernaan. Sumber serat dalam buah tomat dapat membantu meningkatkan kesehatan sistem organ pencernaan  dalam tubuh. Sehingga berbagai masalah pencernaan dapat ditanggulangi dengan rutin mengkonsumsi tomat.
  4. Sehatkan Organ Penglihatan. Sumber vitamin A dalam buah tomat merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan organ mata. Miliki mata yang senantiasa sehat dengan menjadikan tomat sebagai salah satu buah favorit anda.
  5. Sehatkan Tulang Pada Tubuh. Buah tomat mengandung sumber vitamin K yang juga sangat efektif untuk mencegah pengeroposan pada tulang. Untuk itulah, buah tomat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi diberbagai jenjang usia baik anak-anak, remaja, dewasa maupun lansia.
  6. Lindungi Kulit Tubuh dan Wajah. Kandungan likopien dalam buah tomat juga sangat baik untuk mencegah kerusakan jariangan kulit yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet dari matahari.
  7. Nutrisi Untuk Rambut Anda. Sumber vitamin A pada tomat sangatlah baik untuk menyehatkan, memperindah serta memperkuat mahkota kepala dari ujung hingga akar rambut anda.
Artikel Kesehatan Lainnya....

Inilah 7 Khasiat Mengejutkan Bayam Bagi Tubuh Anda

   "Khasiat Mengejutkan Bayam", Bayam merupakan salah satu jenis sayur-sayuran yang sudah tidak asing dilidah dan telinga setiap masyarakat khususnya di Indonesia. Bayam mudah tumbuh dipekarangan dan banyak dibudidayakan untuk dijual kembali. Bayam mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang ternyata mengejutkan bagi kesehatan tubuh anda. Lalu, apa saja khasiat mengejutkan bayam bagi kesehatan tubuh tersebut...???.

Sahabat, tips kesehatan. Bayam mudah dikenali dari ciri fisiknya yaitu berdaun hijau serta memiliki lebar daun yang besar dengan batang yang tidak begitu tinggi dan lentur. Berbagai nutrisi dan vitamin dalam bayam sangat beragam seperti vitamin A dan K, mangan, folat, magnesium, serat, kalsium dan protein serta rendah kalori. Berbagai nutrisi dan vitamin diatas menjadikan bayam sangat berkhasiat menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh anda. Berikut ini 7 khasiat mengejutkan bayam bagi tubuh anda :
  1. Nutrisi Yang Dibutuhkan Jantung Anda. Kandungan vitamin A, C, folat serta magnesium dalam bayam berperan besar dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan organ jantung. Sehingga dapat menghindarkan seseorang dari berbagai masalah jantung sedini mungkin.
  2. Nutrisi Tulang dan Sendi. Kandungan kalsium dan magnesium dalam bayam mampu menguatkan tulang dan sendi pada tubuh. Sehingga pengeroposan tulang (osteoporosis) dapat dicegah dengan mulai mellirik sayur bayam tersebut.
  3. Penglihatan Yang Lebih Baik. Bayam mengandung vitamin A dan lutein yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh organ mata serta dapat mencegah penurunan kemampuan penglihatan  dan katarak.
  4. Sehatkan Organ Pencernaan. Kandungan sumber serat  dalam bayam berperan untuk menyehatakan organ pencernaan dan mencegah berbagai gangguan masalah pencernaan yang menganggu aktivitas anda.
  5. Mencegah Kanker Yang Ampuh. Bayam mengandung flavonoid yang berfungsi mencegah kanker seperti kanker payudara  pada wanita serta kanker prostat pada pria.
  6. Tingkatkan Memori Otak. Kandungan berbagai nutrisi dalam bayam dapat meningkatkan kemampuan memori dan mengingat organ otak lebih baik. Karena faktanya, seiring bertambahnya usia seseorang, maka kemampuna mengingat sesuatu pastilah menurun atau berkurang.
  7. Membuat Tubuh Tidak Mudah Capek. Bayam mengandung sumber zat besi yang akan membuat tubuh memiliki energi lebih untuk melakukan berbagai pekerjaan maupun aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran sepanjang hari.
Artikel Kesehatan Lainnya....

   Demikianlah tips kesehatan yang mengulas 7 khasiat mengejutkan bayam bagi tubuh anda. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Sumber : naturally-healthy-eating, care2, livestrong. Image courtesy of smamad at FreeDigitalPhotos.net

Inilah Bahaya Terlalu Lama Duduk Bagi Kesehatan Anda

      Duduk merupakan kegiatan rutin yang sering dilakukan oleh semua orang di semua lapisan umur. Banyak sekali waktu telah di habiskan pada kegiatan yang satu ini. Berbagai faktor yang menjadi penyebabnya. Bagi pekerja kantoran, banyak sekali pekerjaan yang harus mereka selesaikan dengan hanya duduk di ruang kerja. Begitupun bagi yang hobi berinternet, duduk selama berjam-jam pun tidak akan pernah mereka sadari. Padahal, ada fakta mengejutkan bahwa terlalu lama duduk pada aktivitas harian akan membahayakan kesehatan tubuh dan mengundang berbagai penyakit mematikan. Lalu, apa saja bahaya terlalu lama duduk bagi kesehatan tubuh tersebut....???

       Sahabat, tips kesehatan.Menurut the Diabetes Group at the University of Leicester, terkuak fakta bahwa seseorang yang banyak menghabiskan waktunya dengan duduk yang terlalu lama akan memiliki resiko besar terserang penyakit diabetes, jantung dan memperpendek usia. Para peneliti tersebut juga menyarankan untuk meningkatkan aktivitas fisik seperti berjalan-jalan untuk mengurangi atau menghilangkan berbagai efek buruk dari terlalu lama duduk tersebut. Menurut Prof Stuart Biddle dari loughborough University, mereka yang pergi ke tempat gym setelah seharian duduk memiliki kesehatan tubuh yang lebih baik daripada mereka yang langsung menonton televisi setelah seharian duduk dalam pekerjaannya.

      Kehidupan yang serba mudah di era di gital memang berdampak positif dalam hal mempercepat semua pekerjaan seseorang. Namun, tidak berdampak positif pada peningkatan kualitas kesehatan pada tubuh. Ini dikarenakan, rutinitas yang kita lakukan banyak dilakukan di depan komputer maupun laptop yang mengharuskan seseorang untuk duduk dalam waktu yang relatif lama. Berbagai solusi dapat kita lakukan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan berbagai dampat buruk akibat terlalu lama duduk tersebut.
  1. Rutin berolahraga pagi selama 30 menit merupakan tips untuk menyehatkan seluruh anggota tubuh dan persendian anda. Anda dapat memulainya dengan berjalan santai, berlari pelan, bersepeda atau bahkan berenang. 
  2. Bagi pekerja kantoran, usahakan untuk memberikan jeda beberapa menit saat beraktivitas selama kurang lebih setengah jam. Dengan melakukan aktivitas jalan di tempat atau berjalan-jalan sebentar keluar ruangan kerja anda.  
  3. Bagi peselancar dunia maya atau yang hobi berinternet, maka berikan istirahat pada organ mata dan berjalanlah keluar ruangan selama beberapa menit setelah duduk selama 30 menit di depan layar komputer atau laptop. 
  4. Terlalu lama menonton televisi akan memaksa seseorang untuk duduk dengan durasi waktu yang lama. Oleh karena itulah, bersegeralah mematikan televisi saat jam tidur malam telah tiba atau batasi untuk menonton acara televisi untuk hidup yang lebih sehat. 
Artikel Kesehatan Lainnya....

Tips Jitu Menjaga Pencernaan Tetap Sehat

      Sahabat, tips kesehatan. Sistem pencernaan pada tubuh memiliki peran yang sangat vital bagi kesehatan seluruh anggota tubuh manusia. Ini disebabkan, semua makanan yang di makan akan diolah serta diserap nutrisinya untuk kemudian didistribusikan ke seluruh tubuh. Berbagai masalah kesehatan akan muncul, jika sistem pencernaan tidak berfungsi dengan semestingya. Untuk itulah, penting kiranya untuk menjaga pencernaan tetap sehat. Lalu, apa saja tips untuk menjaga pencernaan yang selalu sehat...???

       Berbagai cara dapat di lakukan, agar memiliki pencernaan yang sehat seperti mengkonsumsi aneka makanan yang menyehatkan, rutin berolahraga serta menjauhi gaya hidup tidak sehat yang sering di lakukan tanpa pernah di sadari. Dengan memperhatikan ke tiga hal yang tersebut di atas, maka kita sudah memulai langkah yang besar dalam kaitannya menjaga pencernaan itu sendiri. Tips kesehatan kali ini akan menjabarkan lebih lengkap untuk anda. Tips kesehatan, berikut ini 7 tips menjaga pencernaan tetap sehat :
  1. Mulailah Dengan Makanan Berserat. Aneka buah-buahan merupakan sumber serat yang dapat kita peroleh dengan mudah. Fungsi makanan berserat yaitu membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dalam tubuh. 
  2. Makan teratur. Dalam hal ini, usahakan untuk tidak menunda-nunda jam makan harian yang telah di buat. Dengan mendisiplinkan waktu makan, maka akan pula membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.  
  3. Minum Cukup Perharinya. Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh juga sangat penting bagi kesehatan pencernaan. Dalam hal ini, minumlah delapan gelas perhari untuk mencukupi kebutuhan cairan yang di butuhkan oleh tubuh dan sistem pencernaan. 
  4. Sering Berolahraga Pagi. Olahraga memiliki manfaat ganda yaitu meningkatkan kesehatan tubuh serta membantu proses pencernaan makanan dapat berlangsung dengan baik dan Lancar.  
  5. Hindari Pola Hidup Tidak Sehat. Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang tidak menyehatkan terhadap tubuh dan pencernaan seseorang. 
  6. Batasi Konsumsi Makanan Berlemak. Ini dikarenakan, makanan berlemak dapat menganggu proses pencernaan makanan yang sedang berlangsung. Untuk menetralisir kadar lemak dari makanan yang kita konsumsi, imbangilah dengan mengkonsumsi aneka buah yang kaya akan vitamin dan sumber serat.  
  7. Kontrol Tingkat Stres. Stres yang berlebihan dapat mengakibatkan gangguan pencernaan di tubuh. Untuk itulah, penting kiranya mengontrol serta meminimalisir tingkat stres yang sering menyerang pikiran.
Artikel Kesehatan Lainnya....