6 Bahaya Serius Tidur Dengan Lampu Menyala

   Tidur merupakan rutinitas yang wajib dilakukan oleh semua manusia tanpa ada pengecualian. Dengan tidur yang cukup, maka akan mengembalikan stamina tubuh yang terkuras setelah seharian beraktivas maupun bekerja. Khusus untuk tidur malam, sebaiknya mematikan semua sumber pencahayaan yang berada di kamar tempat tidur anda. Ini dikarenakan, ada berbagai efek samping serius jika tetap menggunakan lampu di malam hari. Lalu, apa saja bahaya tidur dengan lampu menyala tersebut...???.

   Sahabat, tips kesehatan. Ada sebagian dari kita yang lebih suka tidur dengan kondisi terang benderang, tapi tak sedikit dari kita yang malah menyukai tidur malam tanpa ada pencahayaan sama sekali. Menurut beberapa penelitian yang sudah dilakukan, tidur malam dengan tanpa pencahayaan sangatlah dianjurkan. Berbagai resiko kesehatan dapat menimpa seseorang yang masih menggunakan lampu untuk tidur malamnya seperti obesitas, depresi, kanker payudara, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi serta insomnia. Untuk lebih jelasnya, berikut ini 6 bahaya tidur dengan lampu menyala : 
  1. Resiko Obesitas (Kegemukan). Menurut sebuah studi dari American Journal of Epidemiologi, para peneliti di Universitas Oxford di Amerika Serikat menemukan bahwa wanita yang tidur di kamar yang lebih terang mungkin memiliki berat badan yang tidak proporsional (gemuk) dan ukuran pinggang yang lebih besar dibandingkan wanita yang tidur malam tanpa pencahayaan.
  2. Resiko Depresi Yang Meningkat. Menurut sebuah penelitan yang diterbitkan pada tahun 2013 di Journal of Affective Disorders, gejala depresi yang dialami seseorang memiliki keterkaitan yang erat dengan tingkat pencahayaan yang terang saat tidur di malam hari.
  3. Resiko Kanker Payudara. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada April 2013 di International Journal of Health menemukan resiko terkenal kanker payudara yang lebih tinggi pada wanita yang sering terpapar cahaya lampu malam seperti daerah perkotaan dan pusat perbelanjaan.
  4. Resiko Diabetes Tipe 2. Dalam sebuah penelitian dari jurnal Chronobiology International edisi April 2014, Obayashi dan timnya menemukan bahwa penderita diabetes ternyata selalu terpapar cahaya terang selama empat jam sebelum tidur malam. Maka dari itulah, matikan semua sumber pencahayaan seperti smartphone, televisi dan alat elektronik lainnya.
  5. Resiko Insomnia. Susah tidur atau insomnia juga berkaitan dengan adanya pencahayaan di lampu kamar tidur anda. Hal ini tentunya akan merusak kualitas dan kuantitas tidur di malam hari. Ini dikarenakan, penurunan hormon melatonin saat cahaya terang dapat membuat kita selalu terjaga dan tidak mudah mengantuk.
  6. Tekanan Darah Tinggi. Menurut sebuah penelitian yang dilaporkan dalam Jurnal Chronobiology edisi Juli 2014 menunjukkan bahwa orang yang terpapar cahaya lampu malam yang berlebihan memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidur dengan suasana yang gelap.
   Semoga tips kesehatan yang  mengulas berbagai bahaya tidur dengan lampu menyala dapat berguna bagi pembaca sekalian. Akhir kata, salam hangat dari penulis. Sumber : womansday. Image courtesy of Danilo Rizzuti at FreeDigitalPhotos.net