7 Makanan Yang Menurunkan Kadar Kolesterol Anda

    Kolesterol mungkin sudah tidak asing lagi di telinga setiap orang. Kolesterol merupakan salah satu lemak tubuh atau yang lebih dikenal dengan nama lipid. Sebagai lemak tubuh, kolesterol tentunya memiliki berbagai fungsi didalam tubuh kita. Namun, jika kadar koleseterol jahat dalam darah mengalami kenaikan atau tinggi. Maka hal ini dapat menjadi masalah serius bagi kesehatan tubuh anda. Berbagai jenis makanan terbukti dapat menurunkan kadar koleseterol jahat dalam tubuh. Lalu, apa saja makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat tersebut...???

  Sahabat, tips kesehatan. Dalam keadaan normal atau stabil, kolesterol memang memiliki beberapa manfaat penting dalam tubuh kita. Beberapa fungsi kolesterol sebagai lemak tubuh yaitu penyusun struktur pada membran sel, melindungi kulit dari racun dan masalah kekeringan, pembentukan vitamin D (bersama sinar UV) serta membentuk asam empedu di usus. Namun, kenaikan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan serius seperti gangguan ereksi, gagal ginjal, serangan jantung, stroke serta meningkatnya resiko penyakit Alzheimer. Berikut ini 7 makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda : 
  1. Aneka Buah-Buahan. Kandungan pektin dan senyawa bioaktif dalam buah-buahan sangat efektif menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus mencegah penyakit jantung dan penyakit berbahaya lainnya. Aneka buah yang dimaksud seperti apel, anggur, jeruk serta stroberi.
  2. Aneka Sayur-Sayuran. Kandungan sumber serat, antioksidan serta rendah kalori dalam sayur-sayuran dapat membantu menurunkan  kadar kolesterol jahat dan membantu menjaga berat badan tetap ideal. Aneka sayur-sayuran yang dimaksud yaitu terong, wortel serta kentang.
  3. Ikan. Sumber asam lemak omega 3 dalam ikan dapat meningkatkan kesehatan organ jantung dan menghindarkan dari peradangan dan stroke. Salmon dan mackerel merupakan dua jenis ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3.
  4. Kacang-Kacangan. Kandungan asam lemak omega 3, protein, L-arginine, pitosterol, kalsium, magnesium serta kalium dalam kacang-kacangan bermanfaat untuk menyehatkan jantung, mengatur tekanan darah serta menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Almond dan kenari merupakan dua jenis kacang-kacangan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.
  5. Alpukat. Sumber serat serta lemak tak jenuh tunggal dalam buah alpukat berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Untuk itulah, sangat disarankan untuk memulai menyediakan buah alpukat sebagai menu diet anda.
  6. Bawang Putih. Kandungan senyawa yang bernama allicin dalam bawang putih berkontribusi dalam menurunkan tekanan darah tinggi serta membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Untuk itulah, sediakan bawang putih sebagai salah satu bahan dari berbagai masakan favorit sehari-hari keluarga anda.
  7. Kacang Kedelai. Menurut analisis yang dilakukan pada tahun 2015 dari 35 penelitian yang sudah dilakukan, menemukan bahwa mengkonsumsi kacang kedelai dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan bahkan mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh anda.
Artikel Kesehatan Lainnya...
        Semoga tips kesehatan yang mengulas 7 makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dapat bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Akhir kata, salam hangat dari penulis. Sumber : majalah kesehatan, tabloidnova, medicalnewstoday, mayoclinic, heart, prevention, healthline. Image courtesy of Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net