7 Makanan Yang Dapat Mencerdaskan Otak Anda

    Otak merupakan salah satu organ yang perannya begitu vital bagi keberlangsungan mahkluk hidup khususnya manusia. Hampir semua anggota tubuh dikendalikan dan diperintah oleh organ otak. Oleh karena itulah. sudah sepatutnya kita menjaga dan merawat kesehatan organ otak, agar dapat bekerja maksimal sesuai dengan fungsinya. Banyak cara maupun langkah yang dapat kita lakukan. Salah satunya mengkonsumsi aneka makanan yang dapat menutrisi organ otak anda. Lalu, apa saja makanan yang dapat mencerdaskan otak tersebut...???.

    Sahabat, tips kesehatan. Memiliki otak yang cerdas dapat membantu memudahkan semua aktivitas dan pekerjaan sehari-hari. Dengan otak yang cerdas pula, kita dapat meraih kesuksesan berdasarkan cita-cita yang sudah kita canangkan sejak kecil. Berbagai usahapun akan kita lakukan, agar dapat meningkatkan kecerdasan organ otak termasuk mengkonsumsi berbagai makanan yang dapat membantu mengoptimalkan fungsi otak. Bagi anda yang belum mengetahui berbagai makanan yang dapat menurtisi otak. Berikut ini 7 makanan yang dapat mencerdaskan otak anda : 
  1. Buah Jeruk. Sumber vitamin C dalam jeruk dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak serta melindungi dari berbagai radikal bebas dan penyakit Alzheimer.
  2. Telur. Kandungan nutrisi dalam telur seperti vitamin B6 dan B12, folat serta kolin dapat  membantu meningkatkan memori, mencegah demensia dan mensintesis zat kimia otak serta mengatur kadar gula di organ otak.
  3. Kacang-Kacangan. Kandungan lemak sehat, antioksidan serta vitamin E dalam kacang-kacangan bermanfaat untuk melindungi selaput sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas, meningkatkan memori serta membantu memperlambat kemunduran mental.
  4. Brokoli. Sumber vitamin K serta sejumlah senyawa dan antioksidan dalam brokoli bermanfaat untuk meningkatkan memori, melindungi sel otak dari kerusakan karena memiliki efek antioksidan dan anti inflamasi.
  5. Kunyit. Salah satu rempah-rempahan (kunyit) ini mengandung curcumin yaitu bahan aktif yang dapat melancarkan aliran darah yang menuju ke semua bagian otak serta dapat membantu meningkatkan daya ingat serta membantu pertumbuhan sel-sel otak. 
  6. Ikan. Kandungan sumber asam lemak omega 3 dalam ikan berfungsi untuk membangun sel otak dan saraf serta menghindarkan dari penyakit Alzheimer. Salmon dan sarden merupakan beberapa jenis ikan yang mengandung sumber asam lemak omega 3 yang dimaksud.
  7. Biji Labu. Sumber antioksidan, magnesium, besi, seng dan tembaga dalam biji labu dapat mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan otak serta berkontribusi untuk mencegah Alzheimer, parkinson, meningkatkan memori otak serta membantu mengontrol sinyal saraf.
Artikel Kesehatan Lainnya...