Inilah 7 Tips Ampuh Menjaga Telinga Tetap Sehat

   "Tips Menjaga Telinga", telinga merupakan salah satu indera dari beberapa indera pada tubuh kita yang memiliki peranan penting untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Dengan telinga, kita dapat berkomunikasi dengan orang lain melalui suara yang ditangkap oleh daun tellinga. Dengan telinga pula, kita dapat mendengarkan kicauan burung, suara angin yang sepoi-sepoi atau alunan musik kesukaan anda. Jadi, menjaga telingan tetap sehat seharusnya menjadi salah satu prioritas kita tentunya. Lalu, apa saja tips ampuh menjaga telinga tetap sehat tersebut...???.

   Sahabat, tips kesehatan. Telinga memiliki berbagai susunan yang mana memiliki fungsi yang berbeda pula seperti daun telinga untuk mengarahkan suara ke lubang telinga yang akan diteruskan ke bagian dalam telinga kemudian dikirimkan ke organ otak. Sehingga organ otak mampu menerjemahkan berbagai suara tersebut. Namun, berbagai kebiasaan dan aktivitas sehari-hari justru dapat membuat berkurangnya kemampuan menangkap berbagai suara yang dilakukan oleh telinga. Berikut ini 7 tips mudah menjaga telinga tetap sehat :
  1. Jangan Gunakan Kapas Saat Bersihkan Telinga. Ini dikarenakan, penggunaan kapas akan mendorong lapisan lilin yang berada di lubang tellinga masuk lebih dalam dan menyumbat telinga. Sehingga dapat menurunkan kemampuan mendengar telinga anda.
  2. Jaga Volume Suara Ke Telinga. Dalam hal ini, hindari mendengarkan musik melalui headset dengan mengeraskan volume suara musik ke level maksimalnya. Memang kebiasaan ini tidak menganggu orang lain, tapi akan membahayakan kesehatan indera pendengaran (telinga) anda.
  3. Hindari Kebisingan Parah. Usahakan untuk menghindari berbagai tempat yang memiliki tingkat kebisingan yang terlampaui tinggi seperti suara gergaji mesin maupun suara musik yang telampau keras.
  4. Gunakan Penyumbat Telinga. Jika kita harus berada di suatu tempat yang memiliki tingkat kebisingan yang tinggi, maka ada baiknya menggunakan penyumbat telinga yang dapat mengurangi kerasnya suara yang masuk ke lubang telinga.
  5. Jaga Telinga Tetap Kering. Usahakan untuk menjaga agar kondisi telinga bagian dalam tetap kering. Karena kondisi telinga bagian dalam yang lembab dapat memungkinkan bakteri masuk serta membahayakan kesehatan telinga anda.
  6. Rutin Berolahraga. Dengan berolahraga seperti berjalan kaki, berlari maupun bersepeda dapat memompa darah ke seluruh bagian organ tubuh termasuk ke bagian-bagan telinga. Dengan lancarnya aliran darah ke telinga, maka kesehatan telinga tetap terjaga dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
  7. Rutin Memeriksa Telinga. Dalam hal ini, usahakan untuk memeriksakan kesehatan telinga ke dokter spesialis THT didekat lokasi tempat tinggal anda. Hal bertujuan untuk mengetahui kesehatan telinga dan berbagai masalah kesehatan telinga yang muncul tanpa kita sadari.
Artikel Kesehatan Lainnya...
   Demikianlah tips kesehatan yang mengulas beberapa tips ampuh menjaga telinga tetap sehat. Semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi pembaca blog ini. Sumber : webmd, earq. Image courtesy of marin at FreeDigitalPhotos.net

7 Manfaat Dahsyat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Anda

   "Manfaat Dahsyat Air Putih", air putih merupakan minuman yang paling baik sekaligus menyehatkan tubuh kita dibandingkan berbagai minuman lainnya. Kitapun seakan sepaham dengan pernyataan ini. Meskipun begitu, tidak sedikit dari kita yang masih menomor duakan air putih dan lebih suka minuman yang berasa manis yang banyak beredar dipasaran. Minum air putih memiliki berbagai manfaat dahsyat bagi tubuh. Lalu, apa saja manfaat dahsyat minum air putih bagi kesehatan tersebut...???.

   Sahabat, tips kesehatan. Berdasarkan faktanya, hampir 90 persen tubuh manusia tersusun atas cairan. Jadi, aktivitas minum merupakan hal wajar yang sering kita lakukan setiap hari. Jika kita tidak minum dalam waktu yang lama, maka gejala dehidrasi bisa menimpa. Usahakan untuk mencukupi kebutuhan carian tubuh (air putih) tiap harinya. Berikut ini 7 manfaat dahsyat minum air putih bagi kesehatan anda :
  1. Detoks Yang Alami. Air putih akan membantu membuang racun-racun yang ada dalam tubuh melalui urine dan keringat yang kita keluarkan. Untuk itulah, minumlah air putih minimal 2-3 liter perhari dan jangan biarkan tubuh dehidrasi.
  2. Lancarkan Pencernaan. Air putih juga ikut membantu proses pencernaan makanan yang terjadi di organ pencernaan berjalan dengan lebih baik. Sehingga sangat dianjurkan untuk minum air putih yang cukup bagi tubuh anda.
  3. Tulang Lebih Kuat. Air putih juga sangat baik untuk kesehatan tulang pada tubuh. Ini dikarenakan, air putih membantu untuk membuat sel-sel tulang yang baru.
  4. Meningkatkan Energi Tubuh. Air putih juga akan meningkatkan energi saat mengalami kelelahan saat beraktivitas atau bekerja apapun juga. Jadi air putih merupakan minuman murah dan menyehatkan tubuh anda.
  5. Mengontrol Berat Badan. Air putih juga bermanfaat untuk menjaga berat badan tetap ideal atau proporsional. Ini dikarenakan, air putih mampu menahan nafsu makan yang berlebihan. Jadi bagi anda yang mengalami masalah berat badan, minum air putih dapat menjadi salah satu solusi yang terbaik.
  6. Awet Muda. Air putih juga mampu membuat kulit tubuh lebih segar dan terlihat bugar sepanjang waktu. Sehingga kita terlihat selalu tampak awet muda dan terhindar dari kulit kusam.
  7. Mencegah Sembelit. Air putih juga sangat membantu dalam mencegah sembelit (susah buang air besar) yang sering dialami oleh sebagian dari kita. Minumlah air putih agar masalah sembelit dan berbagai gangguan pencernaan tidak menganggu anda.
Artikel Kesehatan Lainnya...
   Demikianlah tips kesehatan yang membahas 7 manfaat dahsyat minum air putih bagi kesehatan anda. Air putih memang sangat dibutuhkan oleh semua organ dalam tubuh. Semoga artikel kali ini akan mampu memuaskan dahaga pembaca tentang berbagai manfaat air putih. Sumber : infosehatz. Image courtesy of winnond at FreeDigitalPhotos.net

7 Tips Mudah Mempertajam Daya Ingat Otak

   "Tips Pertajam Daya Ingat Otak", memiliki otak yang jenius merupakan harapan dan impian setiap insan manusia. Kita tentunya sangat familiar dengan nama Albert Einstein yang memiliki otak yang terbilang jenius serta berbagai ilmuwan lainnya. Dengan otak yang tajam, kita dapat mengingat sesuatu dengan cepat seperti kenangan lampau atau masa lalu. Berbagai tips dapat dengan mudah kita praktekkan untuk mempertajam daya ingat otak. Lalu, apa saja tips mudah mempertajam daya ingat otak tersebut...???.

   Sahabat, tips kesehatan. Banyak sekali keuntungan yang dapat kita peroleh, jika dapat memiliki daya ingat yang tajam seperti tidak mudah lupa menaruh barang-barang yang kita letakkan dan terhindar dari gejala kepikunan dini. Jadi, dengan memiliki otak yang tajam akan sangat dibutuhkan dalam segala kondisi dan keadaan dalam kehidupan sehari-hari. Kali ini, tips kesehatan akan mengetengahkan sebuah artikel yang tentunya sangat berharga bagi pembaca setia. Berikut ini 7 tips mudah mempertajam daya ingat otak anda : 
  1. Senam Otak. Kita dapat melakukan senam otak dengan cara memberikan beberapa pertanyaan yang harus anda jawab sendiri dengan cepat seperti menyebutkan 10 barang yang ada didapur, 10 barang yang ada di ruang kerja atau ruang sekolah, 10 benda yang ada diruang tamu dan pertanyaan lainnya.
  2. Nutrisi Otak. Organ otak tentunya membutuhkan asupan makanan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatannya. Anda dapat mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan otak melalui berbagai makanan seperti sayuran bewarna hijau (bayam) serta aneka jenis ikan (ikan tuna dan salmon).
  3. Bermain Teka-Teki Silang. Mulai mengisi huruf-huruf yang tersembunyi di teka-teki silang merupakan cara yang sangat efektif untuk melatih mempertajam daya ingat otak anda. 
  4. Melatih Memori Otak. Anda dapat memulainya dengan mengingat kenangan masa lalu yang indah seperti kenangan dengan teman-teman kita waktu disekolah maupun di bangku kuliah serta kenangan indah lainnya.
  5. Minum Air Putih Yang Cukup. Hampir 90 persen kandungan otak terdiri atas cairan. Maka dari itulah, kita harus mencukupi kebutuhan cairan yang dibutuhkan otak dengan minum air putih yang cukup tiap harinya (kurang lebih 8 gelas perharinya).
  6. Istirahatkan Otak Anda. Tidur yang cukup dimalam hari merupakan cara yang juga paling efektif untuk mulai mengistirahatkan organ otak anda. Sehingga saat bangun, otak lebih fresh serta bekerja optimal dalam membantu segala aktivitas kita.
  7. Berikan Jeda Istirahat. Dalam hal ini, istirahatkan otak selama beberapa menit setelah bekerja dan beraktivitas yang mengandalkan daya pikir otak. Dengan cara ini, organ otak akan lebih fresh lagi dalam mengingat berbagai hal dalam pekerjaan anda.
Artikel Kesehatan Lainnya....
   Demikianlah tips kesehatan yang  membahas 7 tips mudah mempertajam daya ingat otak anda. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca sekalian. Sumber : 2lisan, sehat-secara-alami, menguatkan-ingatan. Image courtesy of Victor Habbick at FreeDigitalPhotos.net

    Inilah 7 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata Anda

        "Tips Menjaga Mata", mata merupakan salah satu organ pada tubuh kita yang sangat beharga dan bermanfaat besar dalam menunjang aktivitas dan pekerjaan sehari-hari. Dengan mata yang sehat, kita juga dapat melihat keindahan dunia beserta isinya yang diciptakan Tuhan Yang Maha Esa. Untuk itulah, kita harus menjaga dan merawat kesehatan mata agar tidak mengalami berbagai penyakit atau masalah kesehatan lainnya. Lalu, apa saja tips mudah menjaga kesehatan mata tersebut...???.

        Sahabat, tips kesehatan. Banyak sekali penyakit mata yang mungkin tidak asing di telinga seperti miopi (rabun jauh), presbiopi (rabun jauh dan dekat), katarak dan hipermetropi (rabun dekat). Berbagai peyakit mata tersebut dapat menimpa siapapun seperti kaum pelajar, dewasa orang tua maupun para lansia. Berbagai tips dapat dengan mudah kita praktekkan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan organ mata secara alami. Baiklah, langsung saja ke pokok pembahasannya. Berikut ini 7 tips mudah menjaga kesehatan mata anda :
    1. Seringlah Mengedipkan Mata. Bagi anda yang bekerja didepan layar laptop maupun komputer, maka tambahlah intensitas mengedipkan mata. Hal ini dimaksudkan agar mata tidak cepat lelah dan mencegah mata kering karena terlalu fokus pada layar laptop maupun komputer.
    2. Hindari Mengucek Mata. Ini dikarenakan, saat tangan yang dalam kondisi kotor dapat menginfeksi organ mata yang tentu saja berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata anda. Oleh karena itulah, hindari mengucek mata sebisa mungkin.
    3. Istirahatkan Organ Mata. Seperti organ lainnya dalam tubuh, organ mata juga butuh istirahat untuk mengembalikan fungsi normalnya. Salah satu cara mengistirahatkan mata yang disarankan yaitu dengan tidur yang cukup dimalam hari serta istirahat sebentar setelah mata terfokus lama pada salah satu objek tertentu.
    4. Penuhi Nutrisi Mata. Wortel merupakan salah satu makanan yang sangat disarankan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi organ mata. Ini dikarenakan, wortel kaya akan kandungan vitamin A yang sangat baik untuk mata anda.
    5. Perhatikan Jarak Membaca Buku. Bagi anda yang hobi membaca buku, maka sangat disarankan untuk membaca buku pada jarak 30 cm dari buku ke mata. Hal ini untuk mencegah penyakit  mata seperti rabun dekat (miopi).
    6. Pencahayaan Yang Cukup. Jangan menggunakan penerangan yang terlalu redup maupun terlalu terang saat belajar atau membaca buku apapun. Karena penerangan yang kurang dan berlebihan dapat menganggu kesehatan mata anda.
    7. Jangan Sambil Tiduran. Dalam hal ini, hindari aktivitas membaca buku maupun teks apapun dalam kondisi sambil tiduran. Karena dapat membuat kesehatan mata terganggu dan beresiko besar terkena penyakit mata miopi (rabun dekat).
    Artikel Kesehatan Lainnya....
        Demikianlah tips kesehatan yang berjudul 7 tips mudah menjaga kesehatan mata anda. Organ mata harus kita perhatikan kesehatannya sepanjang waktu. Semoga bermanfaat dan berguna bagi para pembaca setia. Sumber : webmd, realsimple, sidomi, majalah kesehatan, makhluksurga. Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net