Inilah 7 Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak

   "Tips Tidur Lebih Nyenyak", tidur merupakan sarana mendiamkan tubuh dan pikiran dalam beberapa waktu. Seperti yang kita ketahui, banyak sekali segudang aktivitas dan pekerjaan yang menguras tenaga dan pikiran sepanjang hari. Dengan tidur mampu menenangkan kondisi jiwa, pikiran yang dilanda stres. Maka dari itulah, kita harus menjaga kualitas tidur agar selalu baik dan nyenyak. Lalu, apa saja tips mudah agar tidur lebih nyenyak tersebut...???.


   Sahabat, tips kesehatan. Malam hari merupakan waktu yang sangat efektif untuk merilekskan tubuh dan pikiran dengan membaringkan tubuh dikamar tidur. Agar dapat tidur lebih nyenyak, ada berbagai cara yang bisa kita lakukan atau usahakan. Dengan tidur lebih nyenyak dimalam hari, maka kita dapat bangun pagi dengan kondisi tubuh lebih bugar dan pikiran yang tenang dan siap menjalani hari ini. Berikut ini 7 tips agar tidur lebih nyenyak :
  1. Tetapkan Jam Tidur. Dalam hal ini, tidurlah dalam waktu atau jam yang sudah kita tentukan sebelumnya. Jika tidak ada masalah serius yang harus kita selesaikan dimalam hari, maka sebaiknya ada tidur lebih awal dimalam hari dan hindari untuk bergadang dimalam hari.
  2. Jangan Makan Atau Minum Sebelum Tidur. Dalam hal ini, usahakan untuk tidak makan dan minum lagi satu jam sebelum berangkat tidur serta hindari minum kopi dan teh sebelum pergi tidur.
  3. Buat Kamar Tidur Yang Tenang dan Nyaman. Dalam hal ini, gunakanlah lampu kamar yang redup, mematikan televisi yang masih menyala serta menjauhkan gadget dari kasur tidur anda.
  4. Tempat Tidur Yang Nyaman. Dalam hal ini, jangan menggunakan kasur yang sempit yang akan menyulitkan kita bergerak leluasa di tempat tidur yang kita miliki serta pakailah bantal dan selimut yang nyaman untuk kepala dan tubuh kita.
  5. Batasi Tidur Siang. Usahakan untuk tidur siang minimal selama 10-30 menit saja disiang hari. Jika kita terlalu lama untuk tidur siang, maka secara otomatis akan sulit untuk tidur lebih awal di malam hari. Sehingga dapat merusak jam tidur malam yang sudah kita atur sebelumnya.
  6. Mulailah Berolahraga Pagi. Olahraga dipagi hari dapat membantu membuat kualita tidur malam lebih terasa nyenyak dan pulas. Kita dapat mengolahragakan tubuh dipagi hari minimal 30 menit sebelum memulai aktivitas dan pekerjaan harian.
  7. Kelolah Pekerjaan Dengan Baik. Sebelum berangkat tidur dimalam hari, sebaiknya kita mencatat dalam buku atau agenda yang berisi tentang tugas yang akan kita lakukan esok harinya serta segala solusi tentang berbagai masalah yang menganggu pikiran anda. Ini juga dapat membantu kualitas tidur malam lebih baik dan nyenyak.
Artikel Kesehatan Lainnya....
    Demikianlah tips kesehatan yang berjudul 7 tips agar tidur lebih nyenyak. Sehingga aktivitas di pagi hari dapat dilakukan dengan semangat tinggi pula. Sumber : mayoclinic. Image courtesy of imagerymajestic at FreeDigitalPhotos.net