Inilah 7 Tips Sehat Yang Murah Dan Mudah

     "Sehat Yang Murah dan Mudah", sehat merupakan sebuah kondisi tubuh yang terhindar dari segala penyakit baik ringan maupun mengkhawatirkan. Ada yang bilang, sehat itu mahal adanya. Tapi pada kenyataannya tidak seratus benar dan betul. Banyak yang dapat kita lakukan agar mempunyai tubuh yang sehat tanpa mengeluarkan rupiah. Berbagai tips kesehatan dapat langsung dipraktekkan dengan mudah. Sehingga aktivitas dan pekerjaan dapat berjalan lancar dan cepat. Lalu, apa saja tips sehat yang murah dan mudah tersebut....???.

   Sahabat, tips kesehatan. Seiring kemajuan teknologi yang terus berkembang tentulah akan mengubah semua rutinitas dan aktivitas yang kita lakukan. Dalam hal ini, kita semakin dimanjakan dengan berbagai kemudahan tersebut. Agar tetap sehat dan menjaga tubuh tetap fit tentulah diperlukan juga tips sehat yang mudah dan tidak menguras uang tabungan anda. Beikut ini 7 tips sehat yang murah dan mudah untuk dilakukan : 
  1. Bersih-Bersih Rumah. Luangkan waktu dipagi dan sore hari untuk membersihkan lingkungan rumah seperti menyapu lantai, membersihkan halaman rumah atau membersihkan kamar mandi. Berbagai kegiatan tersebut akan membuat tubuh lebih sering bergerak dan selalu aktif.
  2. Latihan Pernafasan. Latihan pernafasan yang dimaksud yaitu dengan menarik nafas dalam-dalam lalu melepaskannya secara perlahan. Latihan ini bertujuan untuk membuat kita lebih rileks dan bermanfaat untuk melepaskan semua beban hidup yang anda miliki
  3. Istirahat Cukup. Tidurlah lebih awal di malam hari dan kurangi waktu untuk bergadang dimalam hari. Tidur yang cukup akan mengembalikan kondisi fisik dan pikiran ke top performa yang sesungguhnya.
  4. Olahraga Teratur. Luangkan waktu sekitar setengah jam di pagi hari untuk sekadar berjalan atau berlari kecil disekitar halaman rumah atau lingkungan tempat anda tinggal. Jika aktivitas  ini dapat anda lakukan dengan teratur, maka kesehatan tubuh akan meningkat pula.
  5. Buat Daftar Menu Makan Hari Ini. Ini bertujuan untuk membatasi jumlah kalori makanan yang masuk ketubuh sekaligus menghindarkan diri dari berbagai makanan yang malah dapat membahayakan tubuh.
  6. Bersosialisasilah. Dalam hal ini, tingkatkan intesitas waktu untuk bersosialisasi dengan tetangga dan teman-teman disekitar rumah anda. Kegiatan ini dapat menghindarkan kita dari penyakit jantung di usia tua.
  7. Berimajinasi. Luangkan waktu untuk merilekskan tubuh dan pikiran di padatnya aktivitas dengan duduk santai sambil berimajinasi. Imajinasi yang dimaksud disini yaitu dengan memutar ulang semua memori kenangan indah yang pernah anda alami dalam hidup. 
Artikel Kesehatan Lainnya...
     Demikianlah tips kesehatan yang membahas beberapa tips sehat yang murah dan mudah anda lakukan setiap hari. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca blog ini (tips kesehatan). Sumber : muuph, adajendeladunia. Image courtesy of Ambro at FreeDigitalPhotos.net

7 Bahaya Akibat Kurang Tidur Bagi kesehatan

      Bahaya Akibat Kurang Tidur. Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari aktivitas tidur tersebut. Salah satunya yaitu tubuh akan lebih bugar dan segar ketika bangun. Sehingga kita siap menghadapi hari-hari yang berat dan melelahkan yang harus kita jalani hari ini. Sebaliknya, kurang tidur akan berdampak negatif bagi kesehatan Tubuh. Lalu apa saja bahaya akibat kurang tidur bagi kesehatan tersebut...???

      Sahabat, tips kesehatan. Banyak diantara kita yang mengabaikan aktivitas tidur ini. Ini dapat dibuktikan, seringkali kita masih terjaga dimalam hari seperti menonton tv sampai larut malam, ngobrol dengan teman hingga di malam hari sampai lupa waktu atau melakukan aktivitas pada malam hari terkecuali mereka yang harus bekerja dimalam hari. Sahabat, tips kesehatan. Kurang tidur di malam hari sangat tidak baik untuk kesehatan anda. Berikut ini 7 Bahaya akibat kurang tidur bagi kesehatan :
  1. Hilang Fokus Saat Berkendara. Jika anda seorang pekerja yang harus memakai mobil dan motor. Anda harus memiliki istirahat yang cukup dimalam hari. Ini dikarenakan, jika anda kurang tidur di malam hari, maka dapat dipastikan fokus anda ketika menyetir akan menurun. Ini bisa berbahaya bagi anda, karena kita tahu jumlah kendaraan dari tahun ketahun terus meningkat sehingga dapat dibayangkan. Anda kehilangan fokus di tengah banyaknya kendaraan di samping kiri, kanan, belakang, depan anda. Ingat nyawa taruhannya, akibat kurang tidur. Dilansir dari kompas.com, sebuah penelitan di amerika menunjukkan bahwa kualitas tidur yang rendah, maka hal itu dapat menyebabkan kecelakaan dan cedera saat bekerja. 
  2. Hilang Konsentrasi Saat Belajar. Tahukah anda, kurang tidur dapat menyebabkan konsentrasi menurun. Bagi anda yang berstatus pelajar atau anda yang harus bekerja menggunakan pikiran anda, kurang tidur dapat menyebabkan terganggunya konsentrasi ketika anda sedang belajar atau membutuhkan untuk mengingat tentang sesuatu yang sudah dan belum anda kerjakan sebelumnya.  
  3. Memperburuk Kondisi Kesehatan Tubuh. Akibat kurang tidur juga sangat buruk untuk kesehatan tubuh anda. Berbagai penyakit akan menghampiri anda seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke bahkan diabetes. Anda tidak berharap mengalami itu semua kan....???? 
  4. Stres Yang Meningkat. Akibat kurang tidur yang lain yaitu anda akan sering mengalami stress, sering marah-marah tidak jelas dan kelihatan sering murung di sela waktu aktivitas anda sehari-hari.  
  5. Kulit Terlihat Lebih Tua. Akibat kurang tidur yang kelima yaitu akan berdampak tidak baik untuk kulit dan mata anda. Dalam hal ini, kulit anda akan kelihatan pucat dan kusam serta kerutan halus yang nampak pada kulit anda dan mata anda terlihat bengkak. 
  6. Anda sering lupa mengingat barang-barang yang anda taruh sendiri, ketika hendak membutuhkan barang tersebut. Ini di mungkinkan pula akibat anda kurang tidur di malam hari. Cobalah pikirkan sendiri, sudah cukupkah tidur malam anda selama ini.  
  7. Munculnya Obesitas. Akibat tidur yang ke tujuh yaitu obesitas atau kegemukan. Ketika kita selalu terjaga di malam hari, maka akan terjadi peningkatan rasa lapar dan hasrat atau nafsu makan yang selalu ingin tersalurkan yang akan memicu obesitas atau kegemukan dengan berat badan yang berlebih dari ukuran ideal. 
Artikel Kesehatan Lainnya....
             Demikianlah tips kesehatan yang membahas 7 bahaya akibat kurang tidur bagi kesehatan. Semoga anda lebih di siplin dalam mengistirahatkan tubuh saat selesai beraktivitas. (Sumber : kompas).Image courtesy of photostock at FreeDigitalPhotos.net

Tips Mudah Agar Tidak Dingin Saat Mandi Pagi Dan Sore

    "Tips Tidak Dingin Saat Mandi", mandi merupakan aktivitas yang sangat penting bagi manusia. Karena dengan mandi, maka kotoran yang melekat pada kulit akan hilang dan sebagai sarana menjaga kesehatan tubuh tentunya. Tapi kebanyakan dari kita masih malas mandi, karena dinginnya air yang digunakan tersebut. Lalu, adakah tips mudah agar tidak dingin saat mandi pagi dan sore hari tersebut...???.

    Sahabat, tips kesehatan. Pagi hari serta sore hari merupakan dua waktu yang tepat untuk membasahi tubuh dengan air (mandi). Dengan mandi akan membuat tubuh lebih segar untuk memulai berbagai aktivitas yang kita sukai. Namun, terkadang dinginnya air dikamar mandi sering membuat langkah kita semakin berat untuk memasukinya. Tentu, ada berbagai tips yang dapat kita lakukan untuk mengatasinya. Berikut ini tips mudah agar tidak dingin saat mandi pagi dan sore :

"Siramlah tubuh kita dengan menyiram bagian yang bawah dulu yaitu kaki, kemudian paha, lalu naik ke perut, setelah dari perut, siram lagi sampai ke leher. Dari leher kemudian kedua lengan dan tangan. Setelah itu muka (wajah) kemudian yang terakhir kepala anda."

   Dengan melakukan hal tersebut saat mandi pagi dan sore. Dijamin rasa dingin karena air akan sedikit sekali kita rasakan. Menurut sumber yang penulis baca, mandi dengan cara tersebut juga sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Penyakit ringan seperti batuk dan pilek akan jarang kita alami serta tubuh akan terlihat lebih sehat dan bugar dengan rutin mandi seperti yang telah tersebut diatas.
Artikel Kesehatan Lainnya...
    Demikianlah tips kesehatan yang mengulas tips mudah agar tidak dingin saat mandi pagi dan sore. Semga bermanfaat dan berguna bagi pembaca sekalian. Akhir kata salam hangat dari penulis. Sumber : Dari berbagai sumber. Image courtesy of Ambro at FreeDigitalPhotos.net

Ciri Penyakit Jantung Plus Pencegahannya

     Ciri Penyakit Jantung Plus Pencegahannya. Jantung merupakan organ yang sangat vital pada tubuh manusia, meski tidak mengesampngkan peran organ-organ lainnya. Didalam tubuh kita, sistem peredaran darah selalu bekerja 24 jam untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh kita. Dalam hal ini, jantung merupakan salah satu organ yang berperan dalam mengalirkan darah keseluruh tubuh kita.

      Dari keterangan tersebut di atas, kita jadi tahu bahwa begitu pentingnya peran jantung pada tubuh kita. tidak bisa kita bayangkan, kalau jantung kita mengalami masalah serius. Sehingga peredaran darah bisa terganggu oleh masalah serius tersebut. Untuk itulah, kali ini tips kesehatan akan mengetengahkan sebuah artikel yang sangat bermanfaat untuk anda terkait jantung. Tips kesehatan, berikut ini ciri penyakit jantung plus pencegahannya :

" Ciri-ciri penyakit jantung ini dapat kita deteksi dengan seksama. Apabila anda mengalami nyeri pada dada (dada seperti tertusuk), kemudian rasa berdebar-debar, sering mengalami sesak nafas, kesemuatan pada beberapa bagian tubuh di sertai keluar keringan dingin pada tubuh. Hal ini merupakan indikasi dari gejala jantung anda bermasalah ".

     Sahabat, tips kesehatan. selain gejala diatas, Kita juga mengenal yang namanya gagal jantung dan serangan jantung koroner. Gejala apabila kita terkena gagal jantung yaitu penderita biasanya terkena insomnia atau sulit tidur dimalam hari, kaki menjadi bengkak, anda cepat lelah meski dengan aktivitas yang ringan serta gejala seperti sesak pada nafas anda. Untuk gejala jantung koroner yaitu terjadinya penyumbatan pembuluh darah khususnya pada arteri pada jantung karena mengeras. Sehingga peredaran darah yang menyuplai darah ke jantung mengalami masalah serius.

      Sahabat, tips kesehatan, Banyak sekal usaha yang dapat kita lakukan untuk mencegah semua hal diatas serta membuat jantung anda lebih sehat dan bekerja optimal untuk tubuh anda. Berikut ini beberapa caranya :
  1. Pola Makan Yang Seimbang sangat membantu menjaga kesehatan jantung anda. Dalam hal ini kita harus membiasakan diri untuk mengkonsumsi aneka ragam makanan yang memiliki kandungan gizi yang beragam pula. Sayuran seperti bayam dan buah alpukat serta kacang-kacangan sangat baik untuk kesehatan jantung anda. Bayam merupakan sayuran yang sangat baik untuk jantung kita. ini dikarenakan sayuran bayam banyak mengandung kalium dalam jumlah yang sangat tinggi serta rendah akan sodium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung anda. Untuk alpukat, buah ini sangat baik untuk menjaga ksesehatan jantung anda. Ini dikarenakan, buah alpukat banyak mengandung 7 jenis serat kalium serta mengandung vitamin yang sangat baik untuk jantung anda, yaitu vitamin E. Untuk kacang-kacangan, Ada dua jenis yaitu kacang mete serta almone. Dua jenis makanan tersebut banyak mengandung omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung anda. 
  2. Pentingnya menjaga berat Badan Yang Ideal. Berat badan yang ideal juga sangat di butuhkan untuk menjaga kesehatan jantung anda. Untuk mengetahui apakah berat badan anda ideal, anda dapat menghitungnya dengan mudah. Yaiut tinggi bada anda dikurangi 100 kemudian di kalikan 90 persen, maka anda akan memperoleh berat badan yang ideal yang seharusnya. Contoh tinggi badan anda 173 maka : (173-100) * 90 % = 66,7 kg.  
    Artikel Kesehatan Lainnya...
               Demikianlah tips kesehatan yang membahas ciri penyakit jantung plus pencegahannya. Sudahkah anda memperhatikan kesehatan organ jantung tersebut. Semoga dapat bermanfaat bagi anda sekalian.(Sumber : musttrie-an, blazerracing, sidomi, waloetz). Image courtesy of rajcreationzs at FreeDigitalPhotos.net

    4 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Otak Anda

        "Tips Menjaga Kesehatan Otak", otak merupakan salah satu organ vital yang kita miliki untuk menunjang kehidupan dibumi ini. Organ otak mampu menyimpan memori masa kecil yang begitu indah, mengingat semua hal yang membahagiankan dalam hidup serta mengingat semua kenangan indah dalam momen hidup kita. Oleh karena itulah, kita mestinya menjaga kesehatan otak yang kita miliki tersebut. Lalu, apa saja tips mudah menjaga kesehatan organ otak tersebut...???.

       Sahabat, tips kesehatan. Organ otak tentunya sangatlah membantu kita untuk berpikir tentang sesuatu dan menemukan solusi dalam berbagai masalah hidup yang kita alami. Sama seperti organ dalam tubuh lainnya, kita harus menjaga kesehatan organ otak tersebut seperti salah satnnya tidak menggunakan untuk berpikir secara terus menerus tanpa henti. Berikut ini 4 tips mudah menjaga kesehatan otak anda :
    1. Tidur Yang Cukup. Dalam hal ini, kita harus memiliki istirahat atau tidur yang cukup setiap harinya. Dengan istirahat atau tidur yang cukup, maka ketika bangun, otak akan terasa lebih fresh dan dan mampu bekerja lebih optimal. 
    2. Penuhi Nutrisi Otak. Dalam hal ini, kita harus mencukupi kebutuhan gizi untuk organ otak anda. Hal ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi aneka makanan yang sangat bermanfaat untuk otak seperti ikan, pisang, bayam, telur, serta alpukat.
    3. Hindari Benturan. Usahakan untuk menghindarkan benturan pada organ otak anda. Dengan seringnya terjadi benturan pada otak, maka fungsi-fungsi dalam otak pun akan ikut pula terganggu.
    4. Stop Merokok dan Narkoba. Kita harus menjauhi dari yang namanya merokok dan mengkonsumsi obat-obat terlarang (narkoba). Ini dikarenakan, kedua bahan tersebut akan merusak fungsi-fungsi kerja otak anda. Sehingga lambat laun akan mematikan berbagai fungsi penting didalam otak anda.
    NB : Usahakan pula untuk mencukupi kebutuhan air putih, karena hampir 90 persen otak kita tersusun atas cairan. Jadi tidak bisa dibayangkan, jika kita kekurangan cairan (air putih) dalam waktu yang lama bagi otak anda.
    Artikel Kesehatan Lainnya....
       Demikianlah tips kesehatan yang mengulas 4 tips mudah menjaga kesehatan organ otak anda. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi para sahabat. Salam hangat dari penulis. Sumber : aardiansyah. Image courtesy of ddpavumba at FreeDigitalPhotos.net

    Inilah 7 Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak

       "Tips Tidur Lebih Nyenyak", tidur merupakan sarana mendiamkan tubuh dan pikiran dalam beberapa waktu. Seperti yang kita ketahui, banyak sekali segudang aktivitas dan pekerjaan yang menguras tenaga dan pikiran sepanjang hari. Dengan tidur mampu menenangkan kondisi jiwa, pikiran yang dilanda stres. Maka dari itulah, kita harus menjaga kualitas tidur agar selalu baik dan nyenyak. Lalu, apa saja tips mudah agar tidur lebih nyenyak tersebut...???.

       Sahabat, tips kesehatan. Malam hari merupakan waktu yang sangat efektif untuk merilekskan tubuh dan pikiran dengan membaringkan tubuh dikamar tidur. Agar dapat tidur lebih nyenyak, ada berbagai cara yang bisa kita lakukan atau usahakan. Dengan tidur lebih nyenyak dimalam hari, maka kita dapat bangun pagi dengan kondisi tubuh lebih bugar dan pikiran yang tenang dan siap menjalani hari ini. Berikut ini 7 tips agar tidur lebih nyenyak :
    1. Tetapkan Jam Tidur. Dalam hal ini, tidurlah dalam waktu atau jam yang sudah kita tentukan sebelumnya. Jika tidak ada masalah serius yang harus kita selesaikan dimalam hari, maka sebaiknya ada tidur lebih awal dimalam hari dan hindari untuk bergadang dimalam hari.
    2. Jangan Makan Atau Minum Sebelum Tidur. Dalam hal ini, usahakan untuk tidak makan dan minum lagi satu jam sebelum berangkat tidur serta hindari minum kopi dan teh sebelum pergi tidur.
    3. Buat Kamar Tidur Yang Tenang dan Nyaman. Dalam hal ini, gunakanlah lampu kamar yang redup, mematikan televisi yang masih menyala serta menjauhkan gadget dari kasur tidur anda.
    4. Tempat Tidur Yang Nyaman. Dalam hal ini, jangan menggunakan kasur yang sempit yang akan menyulitkan kita bergerak leluasa di tempat tidur yang kita miliki serta pakailah bantal dan selimut yang nyaman untuk kepala dan tubuh kita.
    5. Batasi Tidur Siang. Usahakan untuk tidur siang minimal selama 10-30 menit saja disiang hari. Jika kita terlalu lama untuk tidur siang, maka secara otomatis akan sulit untuk tidur lebih awal di malam hari. Sehingga dapat merusak jam tidur malam yang sudah kita atur sebelumnya.
    6. Mulailah Berolahraga Pagi. Olahraga dipagi hari dapat membantu membuat kualita tidur malam lebih terasa nyenyak dan pulas. Kita dapat mengolahragakan tubuh dipagi hari minimal 30 menit sebelum memulai aktivitas dan pekerjaan harian.
    7. Kelolah Pekerjaan Dengan Baik. Sebelum berangkat tidur dimalam hari, sebaiknya kita mencatat dalam buku atau agenda yang berisi tentang tugas yang akan kita lakukan esok harinya serta segala solusi tentang berbagai masalah yang menganggu pikiran anda. Ini juga dapat membantu kualitas tidur malam lebih baik dan nyenyak.
    Artikel Kesehatan Lainnya....

    Tips Mudah Agar Cepat Sembuh Saat Sakit

        "Tips Cepat Sembuh Saat Sakit", sakit merupakan suatu kondisi yang sangat tidak diharapkan oleh siapapun kita. Saat sakit, semua makanan dan minuman yang kita konsumsi terasa tidak enak bahkan terasa pahit dilidah. Aktivitas dan pekerjaan yang biasa kita lakukan juga tidak akan berjalan lancar sesuai dengan rencana. Tentunya banyak sekali hal yang akan kita lewatkan saat kondisi tubuh sedang drop atau sakit. Ada berbagai tips yang tentunya dapat kita praktekkan agar cepat sembuh saat sakit. Lalu, apa saja tips mudah agar cepat sembuh saat sakit tersebut...???.

        Sahabat, tips kesehatan. Minum obat merupakan salah satu tips instan yang dapat mempercepat keluhan atau penyakit yang sedang kita alami atau derita. Namun, mengkonsumsi obat terus menerus tentunya sangatlah tidak dianjurkan dan membahayakan organ ginjal anda. Jika penyakit yang kita rasakan tergolong ringan seperti batuk dan pilek karena perubahan musim, maka tentunya sedapat mungkin untuk menghindari mengkonsumsi obat. Berikut ini tips mudah agar cepat sembuh saat sakit :
    1. Tetap Makan Teratur. Saat kita sakit, usahakan untuk makan seperti biasa kalau perlu memaksakan diri untuk makan (baik itu makan bubur atau makanan lembut lainnya) untuk menstabilkan tubuh. Karena seperti yang kita tahu, dengan kita tidak makan saat sakit, maka sejatinya akan menambah parah sakit tersebut.
    2. Tetap Minum Air Putih Cukup. Saat kita sakit, usahakan juga untuk minum air putih secukupnya. Ini berguna agar kita tidak kekurangan cairan saat sakit. Air putih juga sangat baik untuk seluruh tubuh. Karena tubuh kita sangat memerlukan air putih dalam jumlah yang cukup.
    3. Minum Obat. Jadi jika kita sakit, minum obat merupakan langkah terakhir yang tentunya dapat kita ambil untuk mempercepat kesembuhan. Dalam hal ini, minumlah obat sesuai dengan resep dari dokter.
    Artikel Kesehatan Lainnya...

    Tips Mudah Menghilangkan Udun Atau Bisulan

       "Tips Hilangkan Udun", pernahkan pembaca mendengar atau mengalami udun atau udunen (bisulan dalam bahasa Indonesia). Udunen atau bisulan merupakan benjolan yang berada dibagian pantat yang mungkin sangat menyiksa bagi sebagian orang. Kalau dibiarkan atau tidak ditangani secara serius, mka bisa jadi akan makin membesar dari hari ke hari. Berbagai obat yang alami maupun yang yang ada diapotik bisa jadi salah satu solusinya. Lalu, adakah obat alami untuk mengobati atau menghilangkan udun secara lebih cepat...???.

       Sahabat, tips kesehatan. Udun atau bisulan merupakan salah satu penyakit kulit yang membutuhkan penanganan khusus. Meskipun begitu, kita tidak perlu resah, jika udun atau bisulan singgah dikulit kita. Ada cara yang cukup alami untuk mengobatinya secara cepat dan efektif melalui rempah-rempah yang tersedia didapur anda. Berikut ini tips mudah menghilangkan udun atau bisulan secara alami :
    1. Bawang Putih. Siapkan satu siung bawang putih, kemudian kupas kulitnya.
    2. Iris Bawang Putih Tersebut. Kemudian iris bawang putih sedikit-sedikit. Setiap satu irisan bawang putih akan mengeluarkan zat seperti minyak.
    3. Mulai Usapkan. Usapkan minyak pada bawang putih setiap satu irisan. Iris lagi, kemudian usapkan lagi pada daerah yang terkena udun atau bisulan. Ulangi terus sampai irisan terakhir. Lakukan 3x dalam sehari sampai udun hilang.
    NB : Jangan menempelkan irisan bawang putih ke bagian udun atau bisulan, karena kulit kita bisa terbakar atau menghitam. Cukup usapkan saja.
    Artikel Kesehatan Lainnya....