Tips Mudah Menjaga Jantung Agar Selalu Sehat

    "Seperti suara detik jam pada arloji atau jam tangan yang kita pakai, seperti itulah detak jantung yang terus berdenyut meskipun seseorang dalam keadaan tidak beraktivitas (tidur). Jantung sendiri merupakan salah satu organ tervital yang dimiliki semua mahkluk hidup tak terkecuali manusia. Menjaga kesehatan jantung merupakan hal pertama yang harus kita prioritaskan terlebih dahulu. Berbagai gaya hidup sehat dapat kita terapkan untuk menjaga jantung agar selalu sehat mulai hari ini. Lalu, apa saja tips mudah menjaga jantung agar selalu sehat tersebut...???.

   Sahabat, tips kesehatan. Organ jantung memiliki peran yang begitu penting yaitu memompa darah yang mengandung oksigen, nutrisi dan vitamin ke setiap bagian tubuh kita. Faktanya, berbagai penyakit jantung dapat menyerang secara tiba-tiba tanpa pernah disadari. Ada beberapa penyebabnya seperti malas bergerak dan lebih suka duduk berlama-lama baik didepan televisi, didepan laptop dan komputer serta didepan gadget (smartphone) yang kita miliki. Kemajuan zaman nyatanya memang berpengaruh besar terhadap kesehatan jantung dalam jangka pendek maupun panjang. Namun tak perlu risau, mulai bergaya hidup sehat hari ini dapat membantu menjaga, meningkatkan dan memperkuat organ jantung anda. Berikut ini 7 tips mudah menjaga jantung agar selalu sehat :
  1. Penggunaan Garam Yang Terkontrol. Dalam hal ini, konsumsilah garam secara wajar dan tidak berlebihan setiap hari. Karena konsumsi garam yang berlebihan dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi yang menyebabkan serangan jantung koroner. 
  2. Mulailah Tersenyum. Selain membuat wajah terlihat awet muda, tersenyum dapat menurunkan tingkat stres anda. Karena berbagai masalah yang memusingkan pikiran dapat mempengaruhi kesehatan organ jantung anda.
  3. Konsumsi Makanan Sehat. Rutinlah mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-mayur sebagai menu hari anda. Karena nutrisi dan vitamin yang tekandung didalam dua jenis makanan tersebut sangatlah baik untuk kesehatan jantung anda.
  4. Luangkan Waktu Berolahraga. Pagi hari hari merupakan waktu yang tepat untuk mengolahragakan tubuh anda. Olahraga yang rutin dapat memperkuat organ jantung anda. Dalam hal ini, mulailah dengan berjalan santai atau pun berlari minimal 15 menit di pagi hari.
  5. Berlibur atau Rekreasi. Akhir pekan merupakan waktu yang tepat untuk mulai merilekskan tubuh dan pikiran dengan berlibur bersama keluarga ke tempat-tempat favorit. Berlibur juga dapat berperan besar untuk menurunkan tingkat stres dan sehatkan jantung anda.
  6. Stop Merokok. Faktanya, selain membahayakan kesehatan tubuh, merokok memiliki peluang yang lebih besar mengalami serangan jantung dibandingkan yang tidak memiliki kebiasaan merokok sama sekali. Kitapun sangat dianjurkan untuk menjauhkan diri dari perokok agar tidak menjadi perokok pasif.
  7. Jauhi Minuman Beralkohol. Usahakan untuk tidak lagi meminum-minuman yang mengandung alkohol didalamnya. Ini dikarenakan, minuman beralkohol juga mampu merusak otot jantung anda. Jadi, bergaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan jantung tidaklah sesulit yang kita bayangkan, mulailah mempraktekkan berbagai tips yang telah disebutkan diatas.
Artikel Kesehatan Lainnya....
   Demikianlah tips kesehatan yang mengulas 7 tips mudah menjaga jantung agar selalu sehat. Semoga artikel kesehatan kali ini bermanfaat dan berguna bagi pembaca sekalian. Sumber : webmd, intips-kesehatan. Image courtesy of rajcreationzs at FreeDigitalPhotos.net