Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Selalu Sehat

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
   Menjaga kesehatan tubuh menjadi salah satu keharusan bagi semua orang diberbagai jenjang usia. Jika kita mengabaikan hal ini, maka cepat atau lambat, tubuh akan mengalami penurunan kondisi kesehatan atau jatuh sakit. Hal ini tentunya akan menganggu dan mengacaukan semua aktivitas dan pekerjaan sehari-hari. Ada istilah umum yang sangat akrab diteliga kita, "menjaga lebih baik daripada mengobati." Pastinya, ada berbagai usaha atau tips yang dapat kita lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang virus, kuman dan bakteri. Lalu, apa saja tips menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat tersebut...???.

   Sahabat, tips kesehatan. Faktanya, sekarang ini, kita hidup diera yang serba teknologi atau era digital yang tentunya akan lebih memudahkan semua hal dalam hidup kita. Tetapi bagi sebagian orang, kemajuan teknologi malah dapat menghilangkan berbagai kebiasaan gaya hidup sehat yang sudah dilakukan sebelumnya. Mulai membiasakan kembali pola hidup sehat akan membuat tubuh tetap fit, energik dan bugar serta terhindar dari resiko berbagai penyakit ringan maupun berat. Untuk dapat memiliki tubuh yang sehat, kita harus memulainya sekarang atau hari ini. Ada berbagai tips sederhaan dan mudah yang dapat kita lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat. Berikut ini tips menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat :
  1. Tidur Lebih Awal Di Malam Hari. Tidur malam merupakan usaha untuk merilekskan tubuh dan pikiran setelah seharian bergelut dengan aktivitas dan pekerjaan tanpa henti. Jika kita masih saja begadang hingga larut malam, maka dapat berakibat pada menurunnya produktivitas kerja dan tubuhpun rentan terkena berbagai penyakit.
  2. Merutinkan Aktivitas Berolahraga. Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk menggerakkan semua anggota tubuh baik dengan berjalan santai, berlari pelan maupun mengayuh sepeda. Tak perlu lama, cukup meluangkan waktu berolahraga minimal 30 menit setiap paginya.
  3. Mengkonsumsi Makanan Sehat. Ada berbagai jenis makanan sehat yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa diantaranya yaitu aneka buah dan sayuran bewarna hijau seperti tomat, semangka, jeruk, bayam, wortel, sawi dan lain-lainnya.
  4. Kontrol Tingkat Stres Anda. Berbagai permasalahan hidup tentunya dapat menjadi faktor pemicu meningkatkatnya tingkat stres yang dialami. Kontrollah tingkat stres tersebut agar tidak semakin parah seperti mulai tersenyum, bercanda dengan teman kerja saat istirahat makan siang atau berlibur ketempat favorit saat libur akhir pekan.
  5. Menjauhi Berbagai Gaya Hidup Tidak Sehat. Dalam hal ini, mulailah berhenti (merokok dan meminum minuman beralkohol) dalam kehidupan anda. Hal ini bertujuan agar kita lebih mencintai dan menjaga tubuh di sepanjang umur yang kita miliki.
  6. Rajin Mencuci Tangan. Berbagai virus, kuman dan bakteri dapat masuk ketubuh melalui berbagai cara termasuk lewat tangan kita. Untuk itulah, sempatkanlah untuk mencuci tangan dengan air dan sabun setelah melakukan berbagai aktivitas dan pekerjaan sehari-hari. Dengan tangan bersih dan bebas kuman, kitapun akan semakin sehat.
  7. Berjemur Di Pagi Hari. Sinar mentari saat pagi hari dapat membantu memicu produksi vitamin D dalam tubuh. Fungsi vitamin D sendiri dalam tubuh dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindarkan dari berbagai penyakit ringan dan  membahayakan yang menyerang saat perubahan musim atau cuaca yang tidak menentu.
Artikel Kesehatan Lainnya....
   Demikianlah tips kesehatan yang mengulas berbagai tips menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat. Semoga dapat menambah informasi bagi pembaca setia. Akhir kata, salam hangat dari penulis. Sumber : health.harvard, everydayhealth, health. Image courtesy of David Castillo Dominici at FreeDigitalPhotos.net