7 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Selalu Sehat

  Sehat menjadi harapan dan keinginan setiap insan manusia diseluruh muka bumi ini. Dengan tubuh yang sehat, kita dapat melakukan berbagai aktivitas dan pekerjaan yang menguras tenaga dan pikiran setiap hari dengan baik tanpa hambatan yang berarti. Gaya hidup sehat memegang peran penting untuk mewujudkan semua harapan tersebut. Berbagai usaha dan cara yang relatif mudah dapat kita lakukan untuk dapat memiliki tubuh yang sehat dan jarang terkena sakit maupun terserang penyakit ringan dan membahayakan. Lalu, apa saja tips menjaga daya tahan tubuh agar sehat tersebut...???.

    Sahabat, tips kesehatan. Berbagai virus, kuman dan bakteri akan selalu menjadi ancaman serius bagi kesehatan tubuh anda. Sakit merupakan sebuah pertanda bahwa tubuh mengalami penurunan daya tahan atau sistem imun tubuh melemah. Sebelum sakit atau penyakit tertentu menyerang tubuh, kita harusnya sudah mempersiapkan tubuh agar tetap dalam kondisi fit dan baik setiap waktunya. Banyak cara yang dapat kita lakukan, agar tubuh tetap dalam kondisi prima setiap hari seperti mempraktekkan gaya hidup sehat yang sudah sering didengar dari orang lain maupun dari berbagai artikel kesehatan yang pernah kita baca dibuku atau internet (dunia maya). Jika anda belum mengetahuinya dan butuh ulasannya, kami hadirkan tipsnya untuk anda. Berikut ini tips menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat :
  1. Tidurlah Yang Cukup Setiap Harinya. Dalam hal ini, usahakan untuk tidur lebih awal dimalam hari dan hindari kebiasaan atau rutinitas begadang hingga larut malam, Ini dikarenakan, tubuh dan pikiran membutuhkan istirahat yang cukup setelah beraktivitas seharian penuh.
  2. Penuhilah Kebutuhan Akan Aneka Buah dan Sayuran. Berbagai nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam buah dan sayuran seperti vitamin C, E, betakaroten serta seng ikut berkontribusi menguatkan daya tahan tubuh yang kita miliki.
  3. Rutinlah Berolahraga Setiap Harinya. Dalam hal ini, luangkan waktu minimal 30 menit setiap pagi untuk sekadar berjalan kaki atau berlari santai diarea atau kawasan didekat rumah anda. Meskipun terkesan sederhana, rutinitas ini akan meningkatkan kesehatan tubuh secara signifikan pula.
  4. Menurunkan Tingkat Stres Pada Pikiran. Stres akut atau kronis berdampak besar pada menurunnya daya tahan tubuh yang kita miliki. Ada berbagai usaha yang dapat kita lakukan untuk menurunkan tingkat stres seperti sering berkomunikasi dengan saudara dan orang lain, berolahraga serta menyediakan waktu untuk bertamasya atau berlibur.
  5. Jangan Pelit Untuk Tersenyum. Selain dapat mencerahkan wajah dan memperpanjang usia harapan hidup, tersenyum mampu menurunkan tingkat stres dan bahkan meningkatkan produksi sel darah putih  dalam tubuh anda. Sel darah putih sendiri berfungsi untuk menghalau virus, kuman dan bakteri yang akan menyerang tubuh sewaktu-waktu.
  6. Cucilah Tangan Sesudah Beraktivitas dan Bekerja. Mencuci tangan menjadi hal yang sering kita sepelekan atau abaikan setiap harinya. Padahal lewat tangan yang kotor, berbagai virus, kuman bakteri dapat masuk ke tubuh tanpa pernah kita sadari serta akan berpotensi besar membahayakan dan melemahkan sistem kekebalan tubuh itu sendiri.
  7. Lengkapi Dengan Probiotik. Dalam hal ini, makanlah berbagai makanan yang banyak mengandung probiotik. Makanan maupun suplemen yang mengandung probiotik ikut berperan meningkatkan kesehatan usus dan sebagai nutrisi untuk bakteri baik dalam usus serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sistemi imun tubuh.
Artikel Kesehatan Lainnya....
     Demikianlah tips kesehatan yang mengulas berbagai usaha yang dapat kita lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat setiap harinya. Mulailah bergaya hidup sehat hari ini untuk tubuh yang lebih fit dan bugar dalam menjalani roda kehidupan didunia ini. Akhir kata salam hangat dari penulis. Sumber : reverehealth. Image courtesy of winnond at FreeDigitalPhotos.net