7 Manfaat Menakjubkan Semangka Bagi Tubuh Anda

      "Buah Semangka" merupakan salah satu jenis buah yang mengandung banyak air dan sebagian besar daging buahnya bewarna merah (dengan kulit yang bewarna hijau tua). Semangka sangatlah cocok di konsumsi di saat siang hari yang terik. Faktanya, hampir 90 persen kandungan semangka terdiri atas air. Fakta lainnya, buah ini memiliki harga yang relatif terjangkau dan mudah didapatkan baik dipasar tradisional, toko buah serta pasar modern. Tidak hanya sebagai penghilang dahaga, buah semangka memiliki aneka manfaat berdasarkan dari berbagai penelitian. Lalu, apa saja manfaat menakjubkan semangka bagi kesehatan tubuh tersebut...???.

     Sahabat, tips kesehatan. Buah semangka mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin, mineral, kalium, betakaroten, dan serat. Dari berbagai nutrisi yang telah disebutkan diatas, maka semangka sangat berperan dalam membantu menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh anda. Maka dari itulah, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi semangka sebagai cemilan atau tersaji di meja makan. Berikut ini manfaat menakjubkan semangka bagi kesehatan tubuh anda :
  1. Meningkatkan Kesehatan Organ Jantung. Sumber likopen pada semangka berperan besar dalam menjaga kesehatan organ jantung sebagai organ vital manusia.
  2. Sangat Baik Untuk Mata. Buah semangka memiliki kandnngan betakaroten yang akan diubah didalam tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A merupakan vitamin utama yang dapat menutrisi dan menyehatkan organ penglihatan (mata).
  3. Di Cintai Organ Ginjal. Sering mengkonsumsi buah semangka akan sangat membantu meningkatkan aliran urine. Organ ginjal akan semakin sehat jika aliran urine yang keluar sangat lancar dan tidak mengalami masalah berarti.
  4. Nutrisi Untuk Tulang. Buah semangka kaya akan kandungan kalium. Kalium memiliki peran untuk mempertahankan kalsium di dalam tubuh. Sehingga sendi dan tulang akan lebih sehat dan kuat sepanjang usia.
  5. Melindungi Dari Radikal Bebas. Buah semangka mengandung senyawa karotenoid yang dapat menetralisir radikal bebas yang masuk ke tubuh manusia. Berbagai radikal bebas yang di maksud yaitu asap pabrik, asap kendaraan bermotor serta udara kotor yang tak sengaja terhirup oleh kita.
  6. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh. Sumber vitamin C pada semangka dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Sehingga tubuh tidak akan mudah jatuh sakit di saat cuaca kurang baik atau sangat tidak bersahabat (ekstrem).
  7. Menjaga Tubuh Tetap Ideal. Sumber citruline pada semangka berperan mengurangi lemak berlebih yang berada di dalam tubuh kita. Sehingga dapat menghindarkan seseorang dari kegemukan atau obesitas.
Artikel Kesehatan Lainnya....
     Demikianlah tips kesehatan yang mengulas 7 manfaat menakjubkan semanga bagi kesehatan tubuh anda. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca budiman. Sumber : livelovefruit. Image courtesy of Exsodus at FreeDigitalPhotos.net

Inilah 7 Manfaat Ajaib Apel Bagi Tubuh Anda

    "Apel" merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sudah tidak asing di telingan dan lidah masyarakat kita. Harganya yang relatif murah, menjadikan buah apel menjadi salah satu makanan pencuci mulut yang favorit. Apel sangatlah mudah dikenali dari bentuk fisiknya yaitu kulit buahnya yang hampir semuanya bewarna merah dengan daging buah yang bewarna putih serta memiliki biji-biji kecil didalamnya dengan rasa manis pada daging buahnya. Buah apel ternyata memiliki manfaat ajaib bagi kesehatan tubuh anda. Lalu, apa saja manfaat ajaib apel bagi kesehatan tubuh tersebut...???.

   Sahabat, tips kesehatan. Buah apel dapat di makan secara langsung, dijadikan jus maupun di tambahkan di berbagai masakan anda. Apel memiliki berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kaya serat, senyawa fenolik, sumber antioksidan quercetin serta flavonoid, Berbagai nutrisi itulah yang menjadikan buah apel memiliki manfaat ajaib bagi kesehatan tubuh. Berikut ini 7 manfaat ajaib apel bagi kesehatan tubuh anda :
  1. Organ Jantung Yang Lebih Sehat. Buah apel khususnya pada kulitnya mengandung senyawa fenolik yang berperan besar untuk menyehatkan organ vital (jantung) anda. Untuk itulah, jangan membuang kulit apel, dan cucilah dengan bersih sebelum mengkonsumsinya.
  2. Pencegah Penyakit Diabetes. Buah apel mengandung serat larut yang mampu menangkal datangnya penyakit diabetes. Sehingga buah apel sangat layak dikonsumsi untuk menghindarkan diri dari bahaya diabetes dikalangan dewasa dan lansia.
  3. Pencegah Kanker Yang Alami. Buah apel ternyata mengandung juga flavonoid yang terbukti efektif menangkal berbagai jenis kanker yang bisa menyerang dan mengancam keselamatan jiwa anda.
  4. Penglihatan Yang Lebih Jernih. Rutin mengkonsumsi apel dapat membantu menutrisi organ mata anda. Sehingga mampu mencegah munculnya berbagai gangguan kesehatan pada organ penglihatan seperti katarak dan lainnya.
  5. Perkuat Sistem Imun Pada Tubuh. Buah apel juga memliki kandungan antioksidan yang berjenis quercetin yang dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh, agar tidak mudah jatuh sakit atau terserang penyakit seperti penyakit musiman dan penyakit berbahaya lainnya.
  6. Pencegah Diare dan Sembelit. Buah apel memiliki kandungan sumber serat yang dibutuhkan oleh tubuh dan sistem pencernaan anda. Sehingga aneka gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit dapat dicegah dengan mudah.
  7. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal. Dengan mengkonsumsi buah apel sebagai cemilan akan membuat perut kenyang lebih lama. Dengan berat badan yang ideal dapat menghindarkan kita dari penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2 serta tekanan darah tinggi.
Artikel Kesehatan Lainnya....

Inilah 7 Manfaat Tersembunyi Wortel Bagi Tubuh Anda

     "Wortel" merupakan salah satu jenis sayuran yang sudah tidak asing bagi semua orang termasuk bagi para ibu rumah tangga. Warna orange (merah muda) dengan bentuk memanjang dan semakin mengecil di ujungnya merupakan ciri fisik dari sebuah wortel. Wortel ini dapat dimakan secara langsung, dibuat jus maupun dibuat aneka jenis sayuran yang menggoda selera. Salah satu manfaat wortel yang utama yaitu menjaga kesehatan mata. Seiring berbagai penelitian yang dilakukan, wortel ternyata memiliki beberapa manfaat yang tersembunyi lainnya. Lalu, apa saja manfaat tersembunyi wortel bagi kesehatan tubuh tersebut....???.

     Sahabat, tips kesehatan. Wortel sangatlah mudah didapatkan baik di penjual sayur keliling, pasar tradisional maupun pasar modern. Wortel memiliki kandungan berbagai nutrisi dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Oleh karena itulah, mengkonsumsi wortel setiap hari dalam jumlah yang wajar sangatlah dianjurkan oleh pakar kesehatan. Berikut ini 7 manfaat tersembunyi wortel bagi kesehatan tubuh anda :
  1. Jantung Yang Lebih Sehat. Wortel mengandung betakaroten, alfa karoten serta lutein yang sangat dibutuhkan oleh organ jantung. Dengan rutin mengkonsumsi wortel, maka dapat menghindarkan dari berbagai gangguan atau serangan jantung.
  2. Pencegah Kanker Yang Efektif. Wortel juga mengandung falcarinol dan falcarindol yang memiliki sifat antikanker. Sehingga mengkonsumsi wortel dapat menghindarkan dari berbagai jenis kanker seperti kanker (payudara, paru-paru, serta usus besar).
  3. Sehatkan dan Kuatkan Gigi. Wortel mengandung mineral tertentu yang dapat mencegah dari kerusakan gigi yang diakibatkan oleh plak dan sisa makanan yang menyisip di sela-sela gigi.
  4. Mencegah Bahaya Stroke. Mengkonsumsi wortel secara rutin mampu mencegah penyakit stroke yang mengancam keselamatan nyawa dalam waktu sekejap.
  5. Menyehatkan Organ Mata. Wortel memiliki kandungan betakaroten yang cukup tinggi yang akan diubah oleh organ hati menjadi sumber vitamin A. Vitamin A inilah yang dapat menutrisi organ penglihatan (mata) anda.
  6. Tampil Lebih Awet Muda. Wortel merupakan sumber betakaroten yang mampu memperlambat penuaan sel. Sehingga dapat membuat awet muda meskipun usia terus bertambah.
  7. Pembersih Racun Pada Tubuh. Ini dikarenakan, kandungan vitamin pada wortel dapat membersihkan organ usus besar serta empedu dan lemak dalam organ hati secara alami dan efektif.
Artikel Kesehatan Lainnya....
     Demikianlah tips kesehatan yang membahas 7 manfaat tersembunyi wortel bagi kesehatan anda. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca di seantero bumi. Sumber : care2. Image courtesy of James Barker at FreeDigitalPhotos.net

7 Manfaat Dahsyat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh Anda

     Buah tomat merupakan salah satu buah yang identik dengan warnanya yang merah menyala. Semua orang tentu sudah tidak asing dengan buah yang satu ini. Buah tomat dapat di makan secara langsung maupun sebagai pelengkap masakan serta di buat sambal. Karena tomat merupakan salah satu jenis buah-buahan, maka tak mengherankan, jika buah tomat mengandung aneka nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Berbagai manfaat dahsyat tomat bagi kesehatan mulai terungkap dari berbagai penelitian. Lalu, apa saja manfaat dahsyat tomat bagi kesehatan tubuh tersebut...???

     Sahabat, tips kesehatan. Buah tomat merupakan salah satu buah yang relatif murah dan mudah didapatkan di lingkungan kita. Sehingga tak mengherankan, tomat selalu ada baik di area dapur maupun di lemari es. Faktanya lainnya, buah ini mengandung sumber vitamin A, C, K, kalium, folat, thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor, termbaga serta rendah sodium, lemak jenuh, kalori maupun kolesterol. Inilah yang menjadikan red of fruit ini menjadi salah satu buah yang wajib dikonsumsi setiap hari. Berdasarkan berbagai kandungan nutrisinya, berikut ini 7 manfaat dahsyat tomat bagi kesehatan tubuh anda :
  1. Pencegah Kanker Yang Mematikan. Kandungan likopen dalam buah tomat sangat ampuh mencegah berbagai jenis kanker yang menyerang tubuh seperti kanker prostat, mulut dan tenggorokan, lambung, usus besar serta kanker ovarium.
  2. Nutrisi Untuk Organ Mata. Buah tomat dapat membantu mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh mata. Ini dikarenakan, buah ini merupakan salah satu sumber vitamin A yang memiliki fungsi menjaga kesehatan mata serta menajamkan penglihatan mata anda.
  3. Pencegah Diabetes Yang Alami. Buah tomat mengandung kromium yang dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga kadar gula darah dalam tubuh lebih stabil dan tidak membahayakan kesehatan tubuh.
  4. Menyehatkan Sistem Pencernaan. Buah tomat mengandung sumber serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh khsususnya sistem pencernaan. Untuk itulah, sangat dianjurkan mengkosumsi tomat sebagai salah satu cemilan yang menyehatkan tubuh tentunya.
  5. Nutrisi Untuk Tulang. Sumber vitamin K pada buah tomat sangat efektif untuk mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis). Maka dari itulah, buah tomat sangat di anjurkan untuk dikonsumsi di berbagai jenjang usia baik anak-anak, remaja, dewasa maupun para lansia.
  6. Perlindungan Kulit Tubuh Dan Wajah. Kandungan likopen dalam tomat juga sangat baik untuk mencegah kerusakan jaringan kulit yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet dari matahari saat panas puncak.
  7. Nutrisi Untuk Rambut. Sumbe vitamin A pada tomat juga sangat baik untuk menyehatkan, memperindah dan memperkuat mahkota kepala (rambut) dari ujung hingga akar rambut anda.
Artikel Kesehatan Lainnya....
     Demikianlah tips kesehatan yang mengulas 7 manfaat dahsyat tomat bagi kesehatan tubuh anda. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca loyal. Sumber : beliefnet. Image courtesy of adamr at FreeDigitalPhotos.net

Inilah 8 Khasiat Mengejutkan Bayam Bagi Tubuh Anda

       Bayam menjadi salah satu sayuran bervitamin yang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Berdaun hijau dan memiliki lebar daun yang besar dengan batang tidak begitu tinggi merupakan ciri fisik dari bayam. Harga murah dan mudah didapatkan juga merupakan beberapa keunggulan dari bayam. Meskipun begitu, bayam memiliki beberapa khasiat yang mengejutkan bagi kesehatan tubuh anda. Lalu, apa saja khasiat mengejutkan bayam bagi tubuh tersebut...???.

         Sahabat, tips kesehatan. Faktanya, bayam memiliki berbagai kandungan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh. Berbagai nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam bayam yaitu sumber vitamin A dan K, mangan, folat, magnesium, serat, kalsium dan protein serta rendah kalori. Berbagai kandungan nutrisi tersebut menjadikan bayam menjadi salah satu makanan bernutrisi lengkap yang pernah ada di bumi ini. Namun, tak lengkap rasanya tanpa mengetahui berbagai khasiat bayam untuk kesehatan tubuh. Tips kesehatan, berikut ini 8 khasiat mengejutkan bayam bagi tubuh anda :
  1. Pencegah Kanker Yang Efektif. Kanker menjadi salah satu penyakit yang paling menakutkan sekaligus mematikan di seluruh dunia. Mengkonsumsi bayam mampu mencegah penyakit kanker pada tubuh. Kandungan flavanoid dapat mencegah kanker seperti kanker payudara pada wanita serta kanker prostat pada pria. 
  2. Nutrisi Sempurna Untuk Jantung Anda. Berbagai gaya hidup yang tidak sehat dapat memunculkan penyakit jantung dan berpotensi besar terkena serangan jantung. Untuk itulah, mulailah dengan mengkonsumsi sayuran bayam yang memiliki kandungan vitamin A, C, folat serta magnesium.  
  3. Meningkatkan Memori Otak. Seiring bertambahnya usia seseorang, maka kemampuan mengingat sesuatu apapun pasti berkurang. Kandungan nutrisi dalam bayam dapat meningkatkan kemampuan memori dan mengingat otak lebih baik. 
  4. Penglihatan Yang Lebih Baik. Bayam merupakan sumber vitamin A dan lutein (salah satu karotenoid) yang dapat menutrisi organ mata atau penglihatan yang anda miliki dan mencegah penurunan kemampuan penglihatan secara lebih dini sekaligus mencegah katarak.  
  5. Menyehatkan Organ Pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dalam bayam sangat efektif menyehatkan organ pencernaan dan mencegah berbagai gangguan masalah pencernaan lainnya yang mungkin terjadi. 
  6. Menutrisi Tulang daan Sendi. Kandungan kalsium dan magnesium dalam bayam mampu menguatkan tulang pada tubuh. Sehingga pengeroposan tulang atau osteoporosis dapat di cegah sedini mungkin dengan rutin mengkonsumsi sayuran bayam tersebut.  
  7. Membuat Tubuh Tidak Mudah Capek. Bayam merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan zat besi dalam bayam akan membuat tubuh memiliki energi lebih untuk pekerjaan dan aktivitas anda.
Artikel Kesehatan Lainnya....

Inilah Bahaya Terlalu Lama Duduk Bagi Kesehatan Anda

      Duduk merupakan kegiatan rutin yang sering dilakukan oleh semua orang di semua lapisan umur. Banyak sekali waktu telah di habiskan pada kegiatan yang satu ini. Berbagai faktor yang menjadi penyebabnya. Bagi pekerja kantoran, banyak sekali pekerjaan yang harus mereka selesaikan dengan hanya duduk di ruang kerja. Begitupun bagi yang hobi berinternet, duduk selama berjam-jam pun tidak akan pernah mereka sadari. Padahal, ada fakta mengejutkan bahwa terlalu lama duduk pada aktivitas harian akan membahayakan kesehatan tubuh dan mengundang berbagai penyakit mematikan. Lalu, apa saja bahaya terlalu lama duduk bagi kesehatan tubuh tersebut....???

       Sahabat, tips kesehatan.Menurut the Diabetes Group at the University of Leicester, terkuak fakta bahwa seseorang yang banyak menghabiskan waktunya dengan duduk yang terlalu lama akan memiliki resiko besar terserang penyakit diabetes, jantung dan memperpendek usia. Para peneliti tersebut juga menyarankan untuk meningkatkan aktivitas fisik seperti berjalan-jalan untuk mengurangi atau menghilangkan berbagai efek buruk dari terlalu lama duduk tersebut. Menurut Prof Stuart Biddle dari loughborough University, mereka yang pergi ke tempat gym setelah seharian duduk memiliki kesehatan tubuh yang lebih baik daripada mereka yang langsung menonton televisi setelah seharian duduk dalam pekerjaannya.

      Kehidupan yang serba mudah di era di gital memang berdampak positif dalam hal mempercepat semua pekerjaan seseorang. Namun, tidak berdampak positif pada peningkatan kualitas kesehatan pada tubuh. Ini dikarenakan, rutinitas yang kita lakukan banyak dilakukan di depan komputer maupun laptop yang mengharuskan seseorang untuk duduk dalam waktu yang relatif lama. Berbagai solusi dapat kita lakukan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan berbagai dampat buruk akibat terlalu lama duduk tersebut.
  1. Rutin berolahraga pagi selama 30 menit merupakan tips untuk menyehatkan seluruh anggota tubuh dan persendian anda. Anda dapat memulainya dengan berjalan santai, berlari pelan, bersepeda atau bahkan berenang. 
  2. Bagi pekerja kantoran, usahakan untuk memberikan jeda beberapa menit saat beraktivitas selama kurang lebih setengah jam. Dengan melakukan aktivitas jalan di tempat atau berjalan-jalan sebentar keluar ruangan kerja anda.  
  3. Bagi peselancar dunia maya atau yang hobi berinternet, maka berikan istirahat pada organ mata dan berjalanlah keluar ruangan selama beberapa menit setelah duduk selama 30 menit di depan layar komputer atau laptop. 
  4. Terlalu lama menonton televisi akan memaksa seseorang untuk duduk dengan durasi waktu yang lama. Oleh karena itulah, bersegeralah mematikan televisi saat jam tidur malam telah tiba atau batasi untuk menonton acara televisi untuk hidup yang lebih sehat. 
Artikel Kesehatan Lainnya....

Tips Jitu Menjaga Pencernaan Tetap Sehat

      Sahabat, tips kesehatan. Sistem pencernaan pada tubuh memiliki peran yang sangat vital bagi kesehatan seluruh anggota tubuh manusia. Ini disebabkan, semua makanan yang di makan akan diolah serta diserap nutrisinya untuk kemudian didistribusikan ke seluruh tubuh. Berbagai masalah kesehatan akan muncul, jika sistem pencernaan tidak berfungsi dengan semestingya. Untuk itulah, penting kiranya untuk menjaga pencernaan tetap sehat. Lalu, apa saja tips untuk menjaga pencernaan yang selalu sehat...???

       Berbagai cara dapat di lakukan, agar memiliki pencernaan yang sehat seperti mengkonsumsi aneka makanan yang menyehatkan, rutin berolahraga serta menjauhi gaya hidup tidak sehat yang sering di lakukan tanpa pernah di sadari. Dengan memperhatikan ke tiga hal yang tersebut di atas, maka kita sudah memulai langkah yang besar dalam kaitannya menjaga pencernaan itu sendiri. Tips kesehatan kali ini akan menjabarkan lebih lengkap untuk anda. Tips kesehatan, berikut ini 7 tips menjaga pencernaan tetap sehat :
  1. Mulailah Dengan Makanan Berserat. Aneka buah-buahan merupakan sumber serat yang dapat kita peroleh dengan mudah. Fungsi makanan berserat yaitu membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dalam tubuh. 
  2. Makan teratur. Dalam hal ini, usahakan untuk tidak menunda-nunda jam makan harian yang telah di buat. Dengan mendisiplinkan waktu makan, maka akan pula membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.  
  3. Minum Cukup Perharinya. Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh juga sangat penting bagi kesehatan pencernaan. Dalam hal ini, minumlah delapan gelas perhari untuk mencukupi kebutuhan cairan yang di butuhkan oleh tubuh dan sistem pencernaan. 
  4. Sering Berolahraga Pagi. Olahraga memiliki manfaat ganda yaitu meningkatkan kesehatan tubuh serta membantu proses pencernaan makanan dapat berlangsung dengan baik dan Lancar.  
  5. Hindari Pola Hidup Tidak Sehat. Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang tidak menyehatkan terhadap tubuh dan pencernaan seseorang. 
  6. Batasi Konsumsi Makanan Berlemak. Ini dikarenakan, makanan berlemak dapat menganggu proses pencernaan makanan yang sedang berlangsung. Untuk menetralisir kadar lemak dari makanan yang kita konsumsi, imbangilah dengan mengkonsumsi aneka buah yang kaya akan vitamin dan sumber serat.  
  7. Kontrol Tingkat Stres. Stres yang berlebihan dapat mengakibatkan gangguan pencernaan di tubuh. Untuk itulah, penting kiranya mengontrol serta meminimalisir tingkat stres yang sering menyerang pikiran.
Artikel Kesehatan Lainnya....