6 Tips Agar Tidak Cepat Pikun Atau Sering Lupa

     "Pikun" merupakan sebutan bagi orang yang mudah lupa dalam beberapa hal dalam kehidupan sehari-harinya. Gejala kepikunan ini banyak menimpa orang tua yang sudah lanjut usia. Hal ini tentulah wajar, karena seiring bertambahnya usia kemampuan otak pun juga menurun. Tapi anehnya, sering lupa atau pikun juga menimpa semua orang di berbagai usia baik remaja dan dewasa. Sebenarnya, ada banyak sekali tips yang dapat dilakukan untuk mencegah kepikunan lebih dini. Lalu, apa saja tips mudah agar tidak cepat pikun atau sering lupa tersebut...???.

    Sahabat, tips kesehatan. Kepikunan bisa jadi masalah serius bagi sebagian orang dari kita. Kita tentunya tidak mau dikatakan orang yang sudah pikun atau sering lupa. Untuk mencegah gejala kepikunan atau sering lupa terjadi pada kita dan keluarga, ada beberapa tips yang dapat dengan mudah anda lakaukan. Berikut ini, 6 tips mudah agar tidak cepat pikun atau sering lupa :
  1. Istirahatkan Organ Otak. Jangan memaksakan otak untuk berpikir dan bekerja selama seharian penuh. Dalam hal ini, tidur cukup dimalam hari merupakan salah satu cara mengistirahatkan otak. Dengan tidur yang cukup maka mampu meregenarasi semua sel otak anda.
  2. Senam Otak. Ya, organ otak juga membutuhkan gerakan tertentu (senam otak). Cara senam otak yang dimaksud yaitu berusaha mengingat-ingat sesuatu yang sudah kita ketahui sebelumnya seperti menyebutkan 10 momen terindah dalam hidup anda, 10 kegiatan yang seing anda lakukan hari ini atau menyebutkan 10 barang yang sering anda pegang setiap hari dan lain-lain.
  3. Penuhi Nutrisi Otak. Nutrisi yang dibutuhkan oleh organ otak seperti blueberry, buah bit, bawang merah, brokoli dan pisang. Berbagai makanan tersebut dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh otak, agar tidak cepat pikun atau sering lupa.
  4. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh. Semua organ dalam tubuh membutuhkan asupan cairan (air putih) tiap harinya, termasuk organ otak. Untuk itulah, sangat disarankan untuk minum air putih 6 - 8 gelas setiap harinya. Agar organ otak dapat berpikir dan mengingat dengan baik pula.
  5. Rilekskan Otak. Berikan waktu jeda setelah bekerja yang memerlukan fokus tinggi. Dalam hal ini, lakukan aktivitas yang anda sukai ketika sedang di landa stres atau beban pekerjaan yang menumpuk.
  6. Asah Otak Anda. Mengisi teka-teki silang merupakan salah satu cara efektif untuk mengasah kemampuan organ otak. Cara ini sangatlah efektif untuk melatih daya ingat dan sekaligus menghindarkan dari kepikunan atau seirng lupa.
Artikel Kesehatan Lainnya....
     Demikianlah tips kesehatan yang membahas 6 tips agar tidak cepat pikun atau sering lupa. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Sumber : alwaystrendy. Image courtesy of Victor Habbick at FreeDigitalPhotos.net