5 Manfaat Luar Biasa Tidur Siang Bagi Kesehatan Anda

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
     "Tidur Siang" atau istilah lucunya bobok siang merupakan salah satu rutinitas yang jarang dilewatkan oleh sebagian besar dari kita. Di sela padatnya aktivitas dan pekerjaan, sehari-hari, tidur siang seperti menjadi kesempatan untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran untuk sejenak sebelum memulai semuanya kembali. Waktu yang dibutuhkan untuk tidur siang biasanya dalam rentang 15 - 20 menit. Menurut berbagai penelitian, tidur siang ternyata bermanfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Lalu, apa saja manfaat luar biasa tidur siang bagi kesehatan tubuh tersebut....???.

     Sahabat, tips kesehatan. Tidur siang maupun tidur malam nyatanya menjadi sarana untuk memulihkan tenaga dan mengistirahatkan pikiran anda. Tidur lebih awal di malam hari serta tidak meninggalkan aktivitas tidur siang akan berdampak besar untuk meningkatkan kesehatan tubuh setiap hari. Khusus tidur siang, banyak diantara kita yang sedikit meremehkan rutinitas tidur siang tiap harinya. Untuk itulah, ada baiknya, anda mengetahui berbagai manfaat tidur siang bagi kesehatan tubuh tersebut. Berikut ini 5 manfaat luar biasa tidur siang bagi kesehatan tubuh anda :
  1. Baik Untuk Jantung. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan orang Yunani, ditemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang selama 30 menit selama 3 kali dalam waktu seminggu mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskular sebesar 37 persen. Berdasarkan penelitian tersebut, tidur siang yang sehat yaitu antara pukul 1 - 3 siang selama tak lebih dari 45 menit.
  2. Baik Juga Untuk Otak.  Menurut sebuah penelitan yang dilakukan pada tahun 2008 menemukan bahwa tidur siang dalam waktu 45 menit mampu meningkatkan daya ingat otak.
  3. Turunkan Tingkat Stres.  Menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa hormon stres secara dramatis akan mengalami penurunan setelah melakukan tidur siang.
  4. Tingkatkan Produktivitas Kerja. Ini dikarenakan, tidur siang mampu memulihkan tenaga dan pikiran seperti sedia kala. Sehingga fokus serta semangat bekerja pun akan semakin meningkat dan pekerjaan pun dapat di selesaikan dalam waktu secepatnya.
  5. Cegah Insomnia. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2011 menegaskan bahwa tidur siang akan membuat penderita insomnia jadi lebih bugar dengan tidak meninggalkan tidur siang. Ini dikarenakan, total waktu istirahatnya jadi lebih panjang.
Artikel Kesehatan Lainnya...
     Demikianlah tips kesehatan yang mengulas 5 manfaat luar biasa tidur siang bagi kesehatan anda. Sudahkah anda tidur siang hari ini. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi pembaca di seluruh Indonesia. Sumber : health.detik. Image courtesy of stockimages at FreeDigitalPhotos.net