Tips Mudah Menjaga Jantung Agar Selalu Sehat

     "Jantung" merupakan salah satu organ tervital dalam tubuh semua mahkluk hidup khususnya manusia. Jantung berfungsi memompa darah yang mengandung berbagai nutrisi dan vitamin ke setiap bagian tubuh manusia. Oleh karena itulah, jantung akan terus bekerja ataupun berdetak meskipun kita dalam keadaan tidur atau istirahat. Menjaga kesehatan jantung mutlak dilakukan oleh setiap individu di sepanjang hidupnya. Ada berbagai tips yang terbilang mudah untuk menyehatkan organ jantung. Lalu, apa saja tips mudah menjaga jantung agar selalu sehat tersebut...???.

      Sahabat, tips kesehatan. Faktanya, berbagai penyakit jantung banyak menyerang orang-orang yang malas bergerak dan lebih suka menghabiskan waktunya seharian untuk duduk baik didepan televisi maupun di depan gadget (laptop atau komputer). Mulai membiasakan diri untuk bergaya hidup sehat dapat membantu memperkuat organ jantung seperti menjaga berat badan tetap ideal, mengkonsumsi berbagai makanan sehat dan mulai meluangkan waktu untuk berolahraga.  Untuk lebih jelasnya, beikut ini 7 tips menjaga jantung agar selalu sehat :
  1. Perbanyak Konsumsi Buah-Buahan dan Sayur-sayuran.  Makanlah berbagai buah dan aneka jenis sayuran yang banyak mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan seperti bayam serta buah alpukat.
  2. Kurangi Konsumsi Garam. Mengkonsumsi garam yang berlebihan bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi yang menyebabkan serangan jantung koroner. Mulailah untuk mengurangi penggunaan garam pada menu masakan sehari-hari.
  3. Tertawa Dan Tersenyumlah. Berbagai masalah yang memusingkan pikiran dapat berpengaruh terhadap kesehatan organ jantung. Usahakan untuk meluangkan waktu menghibur diri sendiri seperti menonton televisi yang berisi komedi yang mampu membuat pikiran lebih rileks.
  4. Hobi Berolahraga Pagi. Olahraga pagi yang dimaksud seperti berjalan santai ataupun berlari selama kurang lebih setengah jam. Karena dengan selalu aktif bergerak dapat memperkuat organ jantung anda.
  5. Luangkan Waktu Untuk Rekreasi. Akhir pekan merupakan waktu yang tepat untuk merilekskan tubuh dan pikiran dengan cara berlibur ke tempat-tempat favorit. Berlibur berperan besar untuk menurunkan tingkat stres dan menyehatkan organ jantung.
  6. Stop Merokok. Faktanya, perokok memiliki peluang lebih besar mengalami serangan jantung dibandingkan mereka yang tidak memiliki kebiasaan merokok sama sekali. Kitapun diwajibkan menjauhkan diri dari perokok agar tidak menjadi perokok pasif.
  7. Stop Dari Alkohol. Kita juga sebaiknya tidak meminum-minuman yang mengandung alkohol. Ini dikarenakan, minuman beralkohol mampu merusak otot jantung anda.
Artikel Kesehatan Lainnya....
      Demikianlah tips kesehatan yang berjudul tips mudah menjaga jantung agar selalu sehat. Semoga artikel kesehatan kali ini bermanfaat dan berguna bagi pembaca sekalian. Sumber : webmd, intips-kesehatan.blogspot. Image courtesy of rajcreationzs at FreeDigitalPhotos.net

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Selalu Sehat

    Memiliki tubuh yang sehat merupakan keinginan setiap orang. Dengan tetap sehat, maka aktivitas yang dilakukan dapat berjalan lancar dan sesuai dengan harapan. Dengan sehat pula, maka kita tidak harus mengeluarkan waktu sekaligus biaya untuk membeli obat atau bahkan pergi ke rumah sakit. Jadi, kita harus senantiasa bersyukur atas nikmat sehat yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita semua. Ada berbagai tips yang berkaitan dengan menjaga daya tahan tubuh. Lalu, apa saja tips menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat tersebut...???.

      Sahabat, tips kesehatan. Ukuran sehat yaitu ketika kita mampu menjaga daya tubuh dari serangan penyakit yang selalu mengintai seperti penyakit demam, flu, batuk dan berbagai penyakit lainnya. Lalu, bagaimana kita mampu menjaga daya tahan tubuh yang benar supaya selalu sehat dan bugar setiap harinya...???. Berikut ini tips kesehatan yang berkaitan dengan menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat :
  1. Rutin Berolahraga Di Pagi Hari. Usahakan untuk selalu melakukan olahraga secara teratur atau kontinu (terus-menerus). Ini bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat dan bugar di berbagai aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran.
  2. Cukup Istirahat atau Tidur Malam Hari. Istirahat yang cukup setiap harinya merupakan salah satu faktor untuk meraih kesehatan tubuh yang tetap terjaga. Usahakan untuk tidur lebih awal di malam hari.
  3. Kontrol Makanan. Dalam hal ini, makanlah dengan porsi yang wajar atau sedang-sedang saja (jangan berlebihan). Di Khawatirkan berat badan akan bertambah tanpa pernah anda sadari. Karena obesitas (kegemukan) dapat mengundang berbagai penyakit yang tidak di inginkan.
  4. Kebersihan Makanan. Selalu pastikan bahwa makanan yang akan konsumsi sudah higienis, sudah di cuci dengan bersih maupun telah dimasak dengan tingkat kematangan yang sempurna.
  5. Konsumsi Makanan Berserat. Cukupi makanan yang  mengandung serat setiap harinya. Makanan berserat yang dianjurkan yaitu apel, wortel dan kacang-kacangan. Makanan berserat berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangan aneka virus dan bakteri serta efekit melancarkan buang air besar.
  6. Vitamin Esensial. Penuhi salah satu vitamin esensial (Vitamin D). Karena vitamin D memiliki fungsi menstimulus sel imun untuk menghalau virus serta bakteri. Sinar matahari pagi, telur, hati dan ikan dapat mencukupi vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh anda.
  7. Positive Thinking. Di dalam tubuh yang sehat harus pula terdapat pikiran yang tenang dan terhindar dari stres berlebihan. Maka dari itulah, usahakan untuk selalu berpikiran positif atau berbaik sangka terhadap segala masalah yang menghampiri kita.
Artikel Kesehatan Lainnya....
     Demikianlah tips kesehatan yang berjudul tips menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca setia. Image courtesi of stockimages at FreeDigitalPhotos.net.