Tips Mudah Menjaga Jantung Agar Selalu Sehat

       Tips Menjaga Jantung. Jantung merupakan organ yang sangat vital yang dimiliki oleh manusia. Ketika jantung sudah berhenti berdetak, bisa dipastikan nyawa kita sudah terpisah dari raga kita. Bagi sebagian besar manusia tentu menginginkan jantungnya selalu sehat. Dengan melakukan berbagai usaha untuk menyehatkan jantung. Menjaga jantung agar tetap sehat merupakan kewajiban setiap individu. Lalu bagaimana menjaga jantung agar tetap sehat...???

       Sahabat, tips kesehatan. Membiasakan diri untuk bergaya hidup sehat dapat membantu memperkuat organ jantung anda. Gaya hidup sehat yang dimaksud yaitu menjaga berat badan agar tetap proporsional, mengkonsumsi makanan sehat serta mulailah aktif bergerak. Faktanya, penyakit jantung banyak menyerang orang-orang yang malas bergerak dan lebih suka menghabiskan waktunya untuk duduk. Ada berbagai tips mudah untuk menjaga jantung agar selalu sehat. Tips kesehatan, berikut ini Tips menjaga jantung agar tetap sehat :
  1. Stop Merokok. Perokok memiliki peluang sangat besar mengalami serangan jantung dibandingkan mereka yang tidak memiliki kebiasaan merokok sama sekali. Andapun juga diwajibkan menjauhkan diri dari para perokok, agar tidak menjadi perokok pasif. 
  2. Batasi Konsumsi Garam. Konsumsi garam yang berlebihan bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi. Sehingga mampu meningkatkan serangan jantung koroner. Anda dapat memulainya dengan mengurangi penggunaan garam pada menu masakan anda sehari-hari.  
  3. Mulaialah Berolahraga Teratur. Dalam hal ini, bisa dengan berjalan atau berlari santai selama setengah jam atau lebih di pagi hari. Karena selalu aktif bergerak dapat memperkuat organ jantung anda. 
  4. Seringlah Tertawa Dan Tersenyum. Berbagai masalah yang memusingkan pikiran bisa berpengaruh terhadap kesehatan jantung anda. Usahakan meluangkan waktu untuk menghibur diri sendiri seperti menonton acara televisi yang berisi komedi yang akan membuat anda tertawa lepas.  
  5. Luangkan Waktu Untuk Rekreasi. Anda juga bisa menyempatkan diri untuk berlibur atau bertamasya ke suatu tempat yang menyenangkan. Sehingga bisa menyegarkan pikiran yang juga berdampak sangat baik pada kesehatan jantung dan menurunkan tingkat stres. 
  6. Stop Dari Alkohol. Anda juga sebaiknya mengurangi atau bahkan tidak meminum-minuman yang mengandung alkohol. Ini dikarenakan minuman beralkohol mampu merusak otot jantung anda.  
  7. Perbanyak Buah Dan Sayur-Sayuran Makanlah buah-buahan dan sayur-sayuran yang banyak mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan jantung seperti bayam serta buah alpukat. 
Artikel Kesehatan Lainnya....
        Demikianlah tips kesehatan yang berjudul tips mudah menjaga jantung agar selalu sehat. Semoga artikel kesehatan kali ini bermanfaat dan berguna bagi pembaca sekalian. (Sumber : webmd, intips-kesehatan.blogspot. Image courtesy of rajcreationzs at FreeDigitalPhotos.net

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Selalu Sehat

    Memiliki tubuh yang sehat merupakan keinginan setiap orang. Dengan tetap sehat, maka aktivitas yang dilakukan dapat berjalan lancar dan sesuai dengan harapan. Dengan sehat pula, maka kita tidak harus mengeluarkan waktu sekaligus biaya untuk membeli obat atau bahkan pergi ke rumah sakit. Jadi, kita harus senantiasa bersyukur atas nikmat sehat yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada kita. Ada berbagai tips yang berkaitan dengan menjaga daya tahan tubuh. Lalu, apa saja tips menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat tersebut...???.

      Sahabat, tips kesehatan. Ukuran sehat yaitu ketika kita mampu menjaga daya tubuh dari serangan penyakit yang selalu mengintai seperti penyakit demam, flu, batuk dan berbagai penyakit lainnya. Lalu, bagaimana kita mampu menjaga daya tahan tubuh yang benar supaya selalu sehat dan bugar setiap harinya...???. Berikut ini tips kesehatan yang berkaitan dengan menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat :
  1. Rutin Berolahraga Di Pagi Hari. Usahakan untuk selalu melakukan olahraga secara teratur atau kontinu (terus-menerus). Ini bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat dan bugar di berbagai aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran.
  2. Cukup Istirahat atau Tidur Malam Hari. Istirahat yang cukup setiap harinya merupakan salah satu faktor untuk meraih kesehatan tubuh yang tetap terjaga. Usahakan untuk tidur lebih awal di malam hari.
  3. Kontrol Makanan. Dalam hal ini, makanlah dengan porsi yang wajar atau sedang-sedang saja (jangan berlebihan). Di Khawatirkan berat badan akan bertambah tanpa pernah anda sadari. Karena obesitas (kegemukan) dapat mengundang berbagai penyakit yang tidak di inginkan.
  4. Kebersihan Makanan. Selalu pastikan bahwa makanan yang akan konsumsi sudah higienis, sudah di cuci dengan bersih maupun telah dimasak dengan tingkat kematangan yang sempurna.
  5. Konsumsi Makanan Berserat. Cukupi makanan yang  mengandung serat setiap harinya. Makanan berserat yang dianjurkan yaitu apel, wortel dan kacang-kacangan. Makanan berserat berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangan aneka virus dan bakteri serta efekit melancarkan buang air besar.
  6. Vitamin Esensial. Penuhi salah satu vitamin esensial (Vitamin D). Karena vitamin D memiliki fungsi menstimulus sel imun untuk menghalau virus serta bakteri. Sinar matahari pagi, telur, hati dan ikan dapat mencukupi vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh anda.
  7. Positive Thinking. Di dalam tubuh yang sehat harus pula terdapat pikiran yang tenang dan terhindar dari stres berlebihan. Maka dari itulah, usahakan untuk selalu berpikiran positif atau berbaik sangka terhadap segala masalah yang menghampiri kita.
Artikel Kesehatan Lainnya....
     Demikianlah tips kesehatan yang berjudul tips menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca setia. Image courtesi of stockimages at FreeDigitalPhotos.net.